Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Sudirman Said: Selamat Bekerja Ganjar-Taj Yasin

Senin 09 Jul 2018 18:43 WIB

Red: Andri Saubani

Cagub Jawa Tengah, Sudirman Said

Cagub Jawa Tengah, Sudirman Said

Foto: Republika TV/Fakhtar Khairon
Pasangan Ganjar-Taj Yasin telah resmi dinyatakan menang Pilgub Jateng 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pasangan calon gubernur Jawa Tengah (cagub Jateng), Sudirman Said dan Ida Fauziyah mengucapkan selamat bekerja kepada pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen. Pasangan Ganjar-Taj Yasin telah resmi dinyatakan menang Pilgub Jateng 2018.

"Kepada pasangan calon nomor 1 yang oleh KPU Jawa Tengah baru saja dinyatakan memperoleh suara formal paling banyak, kami berdua beserta seluruh partai pendukung dan sukarelawan mandiri mengucapkan selamat bekerja, mengemban amanah seluruh warga Jateng," kata Sudirman Said didampingi Ida Fauziyah di Semarang, Senin (9/7).

Sudirman menegaskan, bahwa pihaknya sama sekali tidak akan dan tidak boleh menghambat tahapan formal pilkada selanjutnya setelah penyampaian rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jateng oleh KPU provinsi setempat. "Kami menghormati seluruh proses dan tahapan, kami hormati juga hasil dan keputusan KPU Jateng sebagai institusi penyeleggara pilkada," ujarnya.

Pasangan cagub bernomor urut 2 itu berkomitmen untuk terus bersama-sama warga Jateng, para sukarelawan, seluruh partai koalisi, dan partai pendukung untuk terus berjuang bagi perbaikan dan penyempurnaan demokrasi. Pasangan Sudirman-Ida didukung oleh Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Bulan Bintang.

"Kami tetap di sini, bersiap untuk panggilan tugas berikutnya, apa pun yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh warga. Sejak awal, niat kami berdua adalah menebarkan kebaikan dan kemanfaatan bagi sebanyak-banyaknya warga Jateng dan warga Indonesia seluruhnya," katanya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atas hasil perolehan suara pada Pilgub Jateng 2018, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan partai politik.

"Tentu saja menggugat atau tidak itu tergantung pada keputusan pimpinan partai koalisi. Kami sedang memberikan catatan temuan-temuan dari tim advokasi. Tentu akan dipertimbangkan banyak hal, persyaratan-persyaratan dan bukti pendukung. Sekali lagi kami serahkan pada pimpinan partai koalisi nanti," ujarnya.

Berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pilgub Jateng 2018, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen memperoleh 10.362.694 suara atau 58,78 persen. Sementara, pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah mendapat 7.267.993 suara atau 41,22 persen.

Meski kadernya menang pilkada, PDIP menyebut ada operasi khusus yang membuat perolehan suara pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin tergerus hingga 1,19 persen di tiga daerah. Masing- masing di Kabupaten Brebes, Tegal, dan Kabupaten Kebumen.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto mengakui, operasi khusus ini tidak terpantau hingga menyebabkan perolehan suara pasangan Ganjar-Yasin di tiga daerah tersebut. “Dari estimasi kita, sekitar dua persen. Ketika dicek di lapangan--ada yang langsung di Kebumen, Brebes dan Tegal--itu kalau dikumpulkan tergerusnya di skala Jawa Tengah mencapai 1,19 persen," ungkapnya di Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (28/6).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA