Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Sebelum Daftar Capres, Jokowi Kumpulkan Parpol Koalisi

Selasa 07 Agu 2018 15:02 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan

Pramono Anung

Pramono Anung

Foto: Republika/ Wihdan
Jokowi kemungkinan akan bertemu parpol koalisi pada Rabu atau Kamis malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumpulkan para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik koalisi pendukungnya sebelum mendaftarkan diri ke KPU sebagai calon presiden. Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kemungkinan pertemuan tersebut akan digelar pada Rabu (8/8) malam atau Kamis (9/8) malam mendatang.

"Nanti dalam waktu dekat, kalau enggak besok malam atau Kamis malam, Presiden akan mengundang ketua umum dan sekjen partai," kata Pramono di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (7/8).

Pramono pun mengisyaratkan pendaftaran capres Jokowi ke KPU akan dilakukan pada hari terakhir pendaftaran, yakni Jumat (10/8) mendatang. Kendati demikian, ia mengaku tak mengetahui pukul berapa Jokowi akan mendaftarkan diri. "Karena hari Jumat sudah hari terakhir, mengenai hari Jumat mendaftarnya jam berapa. Nanti Presiden yang mengetahui," tambahnya.

Pramono juga mengisyaratkan pengumuman calon pendamping Jokowi akan dilakukan sehari sebelum pendaftaran. Terkait cawapres Jokowi, ia hanya menyebutkan figur tersebut merupakan sosok yang dapat diterima oleh seluruh rakyat.

"(Cawapres) Ya yang jelas sebenarnya nanti satu hari sebelum hari Jumat sudah bisa diketahui. Karena ketua umum dan sekjen partai pendukung itu harus tanda tangan siapa yang mau didukung," ujarnya.

Sementara itu, jumlah partai pendukung Jokowi diketahui hingga kini masih belum tetap. Menurut Pramono, ada kemungkinan satu partai politik akan bergabung dengan koalisi partai pendukung Jokowi, yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kita lihat nanti pada saat tanda tangan pencalonan presiden dan wakil presiden. Apakah jumlah parpol pendukungnya 9 atau 10," kata Pramono.

Seperti diketahui, hingga saat ini Jokowi didukung oleh sembilan partai politik. Yakni PDI-Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Hanura, Perindo, PKPI, PSI.

Baca juga: Sekjen Koalisi Jokowi Ingin Tahu Dokumen Syarat Pencapresan

Sembilan sekretaris jenderal (sekjen) parpol koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan tertutup dengan KPU pada Selasa (7/8) siang. Kedatangan sembilan sekjen ini sekaligus untuk memastikan teknis pendaftaran capres-cawapres Pemilu 2019.

"Kami lihat KPU sudah siap menerima pendaftaran, dari karpet yang disediakan saja sudah dipilih yang warnanya netral, bukan warna bendera parpol. Artinya KPU siap dan memikirkan suasana kebatinan parpol-parpol peserta Pemilu," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebelum pertemuan tertutup dengan KPU.

Pantauan Republika.co.id, delapan sekjen sudah tiba di KPU pukul 14.00 WIB. Kedatangan mereka langsung disambut Ketua KPU Arief Budiman beserta komisioner KPU Ilham Saputra, dan Pramono Ubaid Tanthowi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA