Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Relawan di Empat Daerah Terdepan Deklarasi Dukung Jokowi

Rabu 08 Agu 2018 10:20 WIB

Red: Muhammad Hafil

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Rapat Umum Relawan Jokowi di Sentul Internasional Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8).

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Rapat Umum Relawan Jokowi di Sentul Internasional Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8).

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Deklarasi simbolik ini memiliki landasan kuat bagi warga di daerah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski Joko Widodo (Jokowi) belum resmi mendaftar sebagai capres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah relawan akan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi. Rencananya, relawan di empat daerah terdepan yaitu Sabang, Merauke, Miangas, dan Rote akan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi untuk Pilpres 2014 pada Rabu (8/8)

Deklarasi di empat daerah itu rencananya dilaksanakan secara serentak dibawah koordinasi Dewan Pimpinan Pusat Arus Bawah Jokowi (DPP ABJ) yang diketuai Michael Umbas. Adapun tema yang diangkat dari deklarasi empat penjuru Tanah Air ini adalah "Terimakasihku Untukmu Jokowi".

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/8), Michael Umbas mengungkapkan, rencana deklarasi ini sebelumnya telah dipersiapkan dengan seluruh organ relawan dari empat daerah. Di mana pada intinya mereka mendukung penuh dan sepakat untuk mendaulat Presiden Jokowi untuk memimpin Indonesia kembali lima tahun mendatang.

"Deklarasi ini adalah momentum historis dan membanggakan di mana rakyat di ujung perbatasan empat penjuru negeri sepakat mendukung penuh dan mendaulat kembali Presiden Jokowi untuk memimpin Indonesia," kata dia.

Disampaikan, deklarasi simbolik memiliki landasan kuat bagi rakyat di empat titik tersebut. Apalagi telah diketahui bersama Presiden Jokowi telah menginjakkan kaki di Sabang, Merauke, Miangas dan Rote. Presiden datang ke daerah terdeoan tersebut untuk memastikan sendiri implementasi pembangunan infrastruktur yang "Indonesia Sentris".
 
Sesuai rencana, deklarasi dari empat penjuru Tanah Air dirangkai dengan berbagai kegiatan yang mengedepankan kearifan budaya lokal setempat. Baik di Sabang, Merauke, Miangas maupun di Rote. Penekanan ini sekaligus untuk meneguhkan kembali adanya keberagaman namun terikat kuat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

"Berbagai ekspresi rakyat Sabang, Merauke, Miangas dan Rote akan dituangkan dalan doa dan ungkapan yang akan dibungkus kearifan lokal," jelas Umbas.

Ditambahkan, deklarasi secara langsung menunjukkan bahwa ada semangat dan kecintaan rakyat Indonesia dari pulau-pulau terluar kepada presiden Jokowi. Dan, sudah selayaknya pula Presiden Jokowi melanjutkan kembali pembangunan infrastruktur yang telah dikebut dalam empat tahun terakhir untuk keadilan yang sesungguhnya bagi rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA