Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

BJ Habibie: Anak Muda Indonesia Harus Lebih Hebat

Kamis 09 Agu 2018 23:20 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Presiden Ketiga RI - BJ Habibie

Presiden Ketiga RI - BJ Habibie

Foto: Republika/Putra M. Akbar
'Anak muda Indonesia sekarang harus lebih hebat dari Habibie'

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Presiden RI ketiga B.J Habibie berpesan kepada pemuda untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan kerja nyata yang inovatif. Dia pun mendorong anak muda saat ini bisa lebih hebat darinya.

"Pesawat N-250 adalah hadiah saya untuk ulang tahun Indonesia yang ke-50 waktu itu. Anak muda Indonesia sekarang harus lebih hebat dari Habibie, karena segala fasilitas untuk berinovasi saat ini sangat lengkap," kata Habibie di Pekanbaru, Riau, Kamis (9/8).

Menurut Habibie, kemampuan anak bangsa dalam penguasaan teknologi telah terkonfirmasi oleh keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca produksi di IPTN Bandung pada tanggal 10 Agustus 1995. Karena pesawat tersebut juga dibuat oleh anak bangsa, di bawah arahan Habibie.

Selain itu dia juga menyampaikan perspektifnya berkenaan dengan strategi dan kebijakan pengembangan riset dan inovasi nasional ke depan. Habibie mengatakan riset dan inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi dan lembaga litbang harus sesuai dengan kebutuhan industri.

"Riset itu harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan industri," kata Habibie.

Sementara itu dia juga meminta momentum Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2018 harus dimanfaatkan untuk berkonsolidasi dan bekerja sama dalam satu tim untuk memajukan teknologi bangsa.

"Kita konsolidasi, lebih kerja sama, bekerja sebagai satu tim, dari Sabang sampai Merauke kita arahkan (teknologi dan riset) kepada kebutuhan rakyat," kata BJ Habibie.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA