Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Cara PKS Mengenang Proklamasi Bung Karno

Senin 27 Aug 2018 17:17 WIB

Red: Joko Sadewo

Lomba membaca teks Proklamasi mirip Bung Karno.

Lomba membaca teks Proklamasi mirip Bung Karno.

Foto: istimewa/doc pks
PKS menyelenggarakan lomba 'Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Sukarno'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Fraksi PKS DPR menyelenggarakan Final Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Sukarno. Lomba yang rutin digelar Fraksi PKS tiap bulan Agustus ini menarik perhatian dan minat masyarakat.

Final Lomba ini digelar di Kantor Fraksi PKS Senayan yang menghadirkan juri utama Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Mantan Wakapolri dan Anggota Fraksi PKS Komjen Pol (P) Adang Daradjatun, serta Sejarawan sekaligus Budayawan Ridwan Saidi.

Sebelum acara secara resmi oleh Hidayat Nur Wahid, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini memberikan sambutannya. Menurut Jazuli, lomba ini sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa cinta Fraksi PKS kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuannya agar proklamasi terus menggema di dada rakyat Indonesia. Sehingga jiwa-jiwa nasionalisme terus tumbuh di hati rakyat Indonesia. "Agar kita satu kata satu perbuatan dalam mengamalkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dan tidak hanya pandai mengklaim paling Pancasilais dan NKRI," kata Jazuli dalam siaran persnya, Senin (27/8).

PKS ingin seluruh warga bangsa menghayati betapa di balik teks sederhana itu ada gelora jiwa yang menyala-nyala dan berapi-api, dalam mencapai kemerdekaan negeri ini. Ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk menumbuhkan jiwa patriotisme bangsa.

"Jangan berhenti mencintai Indonesia karena kemerdekaan negara ini dicapai dengan pengorbanan yang begitu besar dari para pahlawan," pesanya.

Dari 8 Finalis yang tampil, juri memutuskan Kardi Ridwan dari Surabaya Jawa Timur sebagai juara pertama. Juara kedua atas nama Abdullah dari Tidore Maluku Utara, dan juara ketiga atas nama Eko Hidayat dari Gresik Jawa Timur. Seluruh juara berhak mendapatkan piala dan piagam penghargaan serta uang tunai senilai 10 juta (juara pertama), 7,5 juta (juara kedua), 5 juta (juara ketiga).

Jazuli Juwaini mengucapkan selamat kepada para pemenang dan seluruh finalis. Ketua Fraksi PKS ini mengajak seluruh finalis untuk terus berkontribusi menjaga kemerdekaan Indonesia.

"Mari kita jaga kemerdekaan dengan kontribusi nyata melalui pikiran, ide dan gagasan,  kerja dan keteladanan serta prestasi yang mengharumkan bangsa," pungkas Jazuli.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengapresiasi Fraksi PKS yang terus melakukan kegiatan yang mengokohkan sejarah bangsa.

"Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Juga jangan lupa, jas hijau jangan sekali-sekali melupakan jasa ulama. Upaya ini penting untuk menyegarkan kembali ke-Indonesiaan," kata HNW.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA