Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Yusril: Masyarakat Perlu Tahu 2019 Bukan Hanya Pilpres

Ahad 23 Sep 2018 10:08 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bayu Hermawan

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Yusril mengatakan masyarakat perlu jika pileg juga digelar pada tahun 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, dengan diselenggrakannya deklarasi kampanye damai dapat menyosialisasikan pemilihan umum (pemilu) dengan baik. Ia menyebut, jika pemilu 2019 kali ini serentak dengan pemilihan legislatif tak hanya pemilihan presiden.

"Masyarakat perlu sekali tahu tentang pemilu kali ini karena ini pikirannya cuma pemilihan presiden padahal juga pilihan kepada partai-partai untuk legislatif sebenarnya," ujar Yusril ditemui Republika.co.id usai mengikuti karnaval di Silang Monas, Jakarta Pusat, Ahad (23/9).

Ia berharap proses pemilu berlangsung damai. Para pendukung dan peserta pemilu baik calon presiden dan calon wakil presiden, serta partai politik berkampanye sesuai dengan aturan pemilu agar terciptanya kedamaian. Sehingga, menurut Yusril, masyarakat akan ikut dengan sendirinya berperan dalam mendukung pemilu yang damai.

"Masyarakat berjalan dengan sendirinya, kami sudah ikut dengan sendirinya, tidak ada masalah, akan berjalan dengan damai," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar deklarasi kampanye damai di Lapangan Monas, Jakarta, Ahad (23/9) pagi. Dua pasangan capres dan cawapres, partai politik, serta peserta pemilu 2019 menghadiri acara tersebut.

Para pimpinan parpol yang hadir pada deklarasi pemilu damai yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu, antara lain, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Selain itu, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra. Hadir pula Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Hanura Herry Lotung, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen PPP Arsul Sani, dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. Acara tersebut juga dihadiri para pimpinan KPU dan Bawaslu serta Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Arief Budiman, sekitar pukul 07.25 WIB. Para peserta kampanye damai yang diikuti perwakilan parpol pendukung melakukan karnaval dengan mengenakan baju daerah. Dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi kampanye damai dan penandatanganan prasasti kampanye damai yang diikuti seluruh peserta Pemilu 2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA