Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Relawan Pendukung Calon Presiden Mulai Bermunculan di Daerah

Senin 24 Sep 2018 08:11 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani

Relawan Jokowi-Ma'ruf meneriakkan yel-yel pasca KPU menetapkan pasangan yang mereka dukung mendapat nomor urut satu.

Relawan Jokowi-Ma'ruf meneriakkan yel-yel pasca KPU menetapkan pasangan yang mereka dukung mendapat nomor urut satu.

Foto: Republika/Dedy D Nasution
Mereka optimis bisa membawa kemenangan bagi pasangan yang didukungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah relawan pendukung calon presiden dan wakil presiden mulai bermunculan di awal masa kampanye. Mereka optimis bisa membawa kemenangan bagi pasangan yang didukungnya.

Salah satunya adalah relawan di Kota Sukabumi, Jawa Barat yang mendeklarasikan relawan Baraya Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin atau disingkat Barjo Main pada Sabtu (22/9).

‘’Kami sebagai warga Kota Sukabumi mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf karena selama ini berhasil membangun Indonesia,’’ ujar Ketua Relawan Barjo Main H Suherman, Senin (24/9).

Suherman mengatakan para relawan akan memperjuangkan pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam pilpres 2019 mendatang. Namun upaya ini dilakukan dengan cara bersahabat serta tidak menganggap pasangan lain sebagai lawan atau musuh. Rencananya relawan ini akan dibentuk di setiap kecamatan.

Ketua Tim Pemenangan Nasional Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Kota Sukabumi Bagus Pekik mengatakan, para relawan Jokowi-Ma’ruf ini berasal dari berbagai kalangan mulai dari bapak-bapak, alim ulama, ibu-ibu, serta unsur pemuda.

"Mereka bersepakat memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf,’’ cetus dia.

Setelah relawan Barjo Main kata Bagus, akan disusul oleh unsur masyarakat yang lainnya. Sebelumya di Sukabumi sudah ada relawan pendukung Jokowi seperti Galang Kemajuan Jokowi dan relawan Projo.

Selain relawan Jokowi-Ma’ruf, di Sukabumi juga hadir relawan pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dukungan tersebut disampaikan emak-emak yang tergabung dalam persatuan emak-emak Prabowo-Sandi (Permakbodi) Kota/Kabupaten Sukabumi. Mereka mendeklaraskan dukungannya di Gedung Disen Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi pada Ahad (23/9). Dalam kesempatan tersebut hadir juga perwakilan partai pengusung Prabowo-Sandi seperti Partai Gerindra, PAN, dan PKS.

'' Intinya deklarasi ini sebagai bentuk dukungan penuh ke calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno,'' ujar Ketua Presidium Permakbodi Kabupaten/Kota Sukabumi Any Tri Hendarini kepada wartawan disela-sela deklarasi.

Ia mengatakan emak-emak yang hadir berasal dari beberapa unsur politik, ormas dan perwakilan komunitas yang ada di Sukabumi. Mereka kata Any, semuanya mempunyai tujuan yang sama dalam menyatukan gerak dan langkah mewujudkan kemenangan Prabowo-Sandi. Bila hanya keinginan tanpa merapatkan barisan akan sulit mewujudkannya.

Relawan Permakbodi ini ungkap Any, nantinya digerakkan untuk memenangkan pasangan Prabowo-Sandi. ’’Kami optimis Prabowo-Sandi menang,’’ imbuh dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA