Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Nation Building Bantu Mahasiswa Kuatkan Rasa Nasionalisme

Kamis 27 Sep 2018 04:12 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gita Amanda

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad.

Foto: Eko Supriyadi/REPUBLIKA
Kualitas penting lulusan perguruan tinggi adalah rasa nasionalisme.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Djarum Beasiswa Plus, program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari Bakti Pendidikan Djarum Foundation kembali menggelar Nation Building. Sebuah puncak dari rangkaian pembekalan soft skills untuk para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) untuk menguatkan nasionalisme dan wawasan kebangsaan.

Tahun ini, Nation Building diikuti hampir seluruh Beswan Djarum 2017/2018, yang berjumlah 500 mahasiswa dari 90 perguruan tinggi di 34 provinsi. Selama lima hari, pada 21–25 September 2018 mereka mengikuti rangkaian acara Nation Building di Kudus dan Semarang.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad, mengatakan salah satu fondasi penting dari kualitas yang diharapkan dari para lulusan perguruan tinggi adalah rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang kuat. Program Nation Building secara konsisten dilakukan untuk menguatkan pemahaman makna dan hakekat kebangsaan.

Menurutnya, Nation Building adalah program penting bagi generasi muda Indonesia, khususnya para mahasiswa berprestasi penerima Djarum Beasiswa Plus. Karena, lanjutnya, wawasan kebangsaan merupakan modal kepercayaan diri dan rasa hormat sebagai bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

''Kami ingin para Beswan Djarum memiliki rasa persatuan dan kebanggaan sebagai insan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita menjadikan bangsa ini sebagai bangsa besar yang bermartabat,'' ujar Primadi, di Semarang, Rabu (26/9).

Nation Building sekaligus menjadi penutup dari rangkaian pelatihan soft skills yang telah diberikan selama satu tahun program kepada Beswan Djarum 2017/2018. Dengan aktivitas meliputi Diskusi Kebangsaan, Cultural Visit, hingga puncaknya pementasan Malam Dharma Puruhita.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA