Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Gajah Terjebak di Perkebunan akan Dipindah dengan Helikopter

Ahad 30 Sep 2018 03:34 WIB

Red: Hazliansyah

Seekor gajah liar memasuki kawasan perkebunan kelapa sawit di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantoe Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Kamis (19/11).   (Antara/Syifa Yulinnas)

Seekor gajah liar memasuki kawasan perkebunan kelapa sawit di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantoe Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Kamis (19/11). (Antara/Syifa Yulinnas)

Ada dua ekor gajah yang terjebak di kawasan perkebuhan setempat

REPUBLIKA.CO.ID, SUBUSSALAM, ACEH -- Sebanyak dua ekor gajah Sumatera yang dilaporkan nyasar di kawasan perkebunan Kota Subulussalam, Provinsi Aceh rencananya akan dievakuasi dan dipindahkan (translokasi) menggunakan helikopter.

Koordinator aktivis Yayasan Hutan Untuk Anak (YHUA), Zbynek, mengatakan, pihaknya masih melacak lokasi keberadaan satwa tersebut dengan pemasangan beberapa kamera trap di kawasan perkebunan setempat.

"Dua ekor gajah yang terjebak pada beberapa tahun terakhir di perkebunan kelapa sawit Subulussalam, akan dipindahkan atau translokasi kehabitatnya dengan menggunakan helikopter," ujarnya saat ditemui wartawan.

Selama sepekan ini, kata dia, tim dari YHUA telah melakukan pertemuan dengan berbagai pihak, instansi pemerintah terkait dan sejumlah lembaga peduli lingkungan di daerah untuk mematangkan kegiatan tersebut.

Rencananya akan digunakan helikopter milik militer TNI AU dari pangkalan udara Kota Medan, Sumatera Utara, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan telah berkomitmen untuk kegiatan tersebut.

"Kami sudah mengontak pihak militer di Medan dan mereka menyatakan kesediaannya, namun masih menunggu surat permintaan resmi dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA," ujar Zbynek.

Dia mengemukakan, sudah sepekan terakhir tim YHUA dan CRU Trumon terus berada di lapangan untuk memastikan lokasi keberadaan gajah dan memasang sejumlah kamera trap.

Selain itu, mereka juga telah melakukan pengecekan lokasi realise atau pelepasan gajah, lokasi ideal yang didapatkan tim adalah wilayah Panton karena setelah diperiksa ada jalur jejak lintasan gajah dan tersambung langsung ke hutan lindung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA