Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Dubes Inggris: Dalam Masa Sulit Ini, Kami Bersama Indonesia

Jumat 05 Oct 2018 00:10 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pesawat AU Inggris segera mengantarkan bantuan kemanusiaan untuk Sulteng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pesawat Angkatan Udara AU-Kerajaan Inggris mengantarkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa bumi dan tsunami Sulawesi Tengah. Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik melalui video yang diunggah dalam akun Instagram Kedutaan Besar Inggris @ukinindonesia yang diakses di Jakarta, Jumat (5/10) menjelaskan bahwa bantuan tersebut berupa tenda, terpal, air minum, lampu surya, serta persediaan alat kebersihan dan sanitasi. Bantuan diperkirakan untuk sekitar 10 ribu orang. "Bantuan ini diharapkan akan menghindarkan mereka dari risiko penyakit dan infeksi," ujar Moazzam.

Selain mengantarkan bantuan, Moazzam juga menyampaikan ungkapan duka cita dari Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip. Dubes Moazzam juga menegaskan bahwa Inggris akan terus mendampingi Indonesia dalam menghadapi masa sulit ini. "Di dunia yang saling terhubung ini apa yang terjadi di Indonesia dilihat dan didengar sampai ke Inggris. Masa depan kita saling terkait, dan dalam masa sulit ini kami bersama Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya pemerintah Inggris telah mengumumkan rencana pemberian bantuan kemanusiaan senilai Rp 40 miliar. Lalu kembali mengumumkan tambahan bantuan senilai Rp 20 miliar untuk Sulawesi Tengah.

Inggris juga telah mendatangkan para ahli bantuan kemanusiaan untuk berkoordinasi dengan pihak Indonesia. Inggris juga memastikan bantuan tersebut dapat menjangkau mereka yang paling membutuhkan.

Untuk menyalurkan bantuan kepada para korban, Inggris akan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia dan mitra-mitra kemanusiaan yang bekerja di posko bantuan atau tempat-tempat pengungsian. Kapal AU Inggris A400M bermuatan bantuan tenda terpal, lampu surya, air minum dan lain-lain tiba di Halim. Pesawat akan segera menuju Balikpapan bersama Dubes @MoazzamTMalik untuk koordinasikan pengiriman ke Palu.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA