Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

UMY Terus Benahi Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas

Rabu 24 Okt 2018 01:07 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta.

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta.

Foto: muhammadiyah.or.id
UMY menyediakan jalan untuk penyendang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penyandang diasbilitas menjadi perhatian bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Untuk itu, pihak kampus pun terus berbenah dengan membangun sarana dan prasarana dalam menunjang aktivitas penyandang disabilitas di UMY.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Sukamta mengungkapkan, saat ini pihak kampus terus memperbaiki fasilitas kampus. Fasilitas tersebut diantaranya dengan menyediakan jalan untuk penyendang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Seluruh gedung baru, kata dia, juga sudah dilegkapi dengan fasilitas bagi pengandang disabilitas. Bagi gedung lama pun, juga masih dalam perbaikan untuk penambahan fasilitas tersebut.

"Ini satu per satu fasilitas kita siapkan, diantaranya akses masuk ke gedung, Misalnya untuk jalan kursi roda untuk jalan ke gedung, kemudian untuk pindah lantai. Kalau (gedung) E6 dan E7 itu, masuk ke lantai dasar sudah bisa pakai kursi roda," kata Sukamta di Sportorium UMY.

Penambahan fasilitas ini dilakukan karena ada beberapa mahasiswa penyandang disabilitas di UMY. Untuk menunjang aktivitas pembelajaran dan membuat mereka nyaman, maka penambahan fasilitas ini memang perlu dilakukan.

Dengan berbagai program dan penyediaan fasilitas yang dilakukan, UMY memperoleh bintang lima untuk akreditasi internasional pada bidang Facilities (Fasilitas), Social Responbilities (Tanggungjawab Sosial), dan Inclusiveness (Inklusivitas). Akreditasi ini dikeluarkan oleh sebuah lembaga akreditasi internasional yaitu Quacquarelli Symond (QS) Stars, yang dikeluarkan pada akhir 2015 lalu.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA