Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Pembobol 18 ATM Diamankan Polda Jatim

Selasa 30 Oct 2018 17:08 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Seorang petugas melakukan identifikasi di tempat kejadian kasus pembobolan mesin ATM (ilustrasi).

Seorang petugas melakukan identifikasi di tempat kejadian kasus pembobolan mesin ATM (ilustrasi).

Foto: Antara/R Rekotomo
Modus pelaku yakni merusak dan mencongkel mesin ATM menggunakan obeng

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jawa Timur menangkap Aldy Yossy Saputra (39) warga Bekasi yang merupakan pelaku pembobolan 18 ATM di Jawa Timur. Kasubdit III Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela mengungkapkan, kesemua ATM yang dibobol tersangka berada di lima daerah di Jatim, yakni Kabupaten Bondowoso, Kapubaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo.

"Dia ditangkap di Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Kita mengidentifikasi berdasarkan CCTV, pelaku melakukan aksi selalu berdua. Sementara satu temannya masih menjadi DPO," ujar Leonard di Mapolda Jatim, Selasa (30/10).

Leonard melanjutkan, tersangka telah membobol 18 ATM sejak Agutus 2018 dengan modus merusak dan mencongkel mesin ATM menggunakan obeng agar uang bisa keluar. Setelah itu, yang bersangkutan mematikan mesin sehingga tidak terdebit dan uang bisa diambil.

"Dalam sekali aksi, tersangka bisa menarik Rp 2 juta. Berbekal identifikasi rekaman CCTV kami menangkapnya. Sementara dari tangan tersangka didapatkan barang bukti berupa alat yang digunakannya, serta uang Rp126 juta hasil pencurian ATM," kata Leonard.

Leonard mengungkapkan, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencuian. Ancaman hukumannya, pidana penjara maksimal 5 tahun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA