Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Jimly: Belajarlah dari Pengabdian Para Pahlawan

Ahad 11 Nov 2018 00:30 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Jejak langkah para pahlawan bisa jadi pelajaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), jimly asshiddiqi mengatakan makna yang paling penting dalam memperingati hari pahlawan adalah belajar dari nilai-nilai pengabdian dan jejak langkah para pahlawan. Ia mengatakan jejak langkah para pahlawan bisa jadi pelajaran.

"Jejak langkah para pahlawan bisa jadi bahan pembelajaran, supaya kita semua menyiapkan tapak-tapak kaki untuk arah kita masing-masing ke depan," kata Jimly melalui keterangan tertulis kepada Republika, Sabtu (10/11).

Menurutnya, jejak langkah itu gambaran dari warisan yang ditinggalkan kepada generasi penerus. Oleh karena itu, setiap orang harus melakukan hal yang bisa dicatat dalam sejarah di kemudian hari. Dengan kata lain, perbuatan yang dilakukan bisa berguna bagi keluarga, tetangga dan masyarakat luas.

Jimly yang juga Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) mengajak semua generasi millennial untuk mengenang jasa para pahlawan nasional serta mendoakan mereka agar mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan. Dia juga berpesan kepada generasi millennial agar mengidolakan banyak tokoh dan mengambil pelajaran dari mereka.

"Dari para idola itu harus diambil dan dipetik makna kehebatan, kelebihan dan nilai-nilai pengabdiannya terhadap sesama. Pilihlah idola yang berguna untuk sesama, sebab itulah alasan mengidolakan seorang figur," katanya.

Kepada para politisi dan tokoh masyarakat, Jimly juga mengajak untuk membangun sifat saling menghargai. Dia juga melarang politisi dan masyarakat membangun kebencian satu dengan yang lain.

"Sebaiknya saling memberi apresiasi kepada siapa-siapa saja yang pernah berjasa bagi bangsa dan negara," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA