Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Seri A Italia Hidup Lagi

Kamis 29 Nov 2018 18:27 WIB

Red: Budi Raharjo

Giacomo Bonaventura (kiri) dan Matteo Politano (kanan) berebut bola pada laga derby antara Inter Milan dan AC Milan di Stadion San Siro, Milan, Senin (22/10) dini hari.

Giacomo Bonaventura (kiri) dan Matteo Politano (kanan) berebut bola pada laga derby antara Inter Milan dan AC Milan di Stadion San Siro, Milan, Senin (22/10) dini hari.

Foto: Antinio Calanni/AP
Ronaldo tak hanya berdampak positif bagi Juventus, tetapi juga sepakbola Italia

REPUBLIKA.CO.ID,

Oleh  Frederikus Bata

Liga Italia Seri A "hidup lagi". Mungkin itu gambaran dari kompetisi sepak bola strata teratas di Negeri Piza. Para penonton yang mendatangi stadion melonjak pada musim 2018/2019 ini.

Tercatat, pada giornata ke-13 Seri A musim ini rata-rata penonton yang memadati stadion berkisar 30 ribu orang. "Jika diambil rata-ratanya itu sekitar 30.295 penonton," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Rabu (28/11).

Tingginya animo penonton pada pekan ke-13 Seri A terfokus pada tiga pertandingan, yakni Inter Milan, Napoli, dan Juventus. Ketiga klub tersebut sama-sama melakoni laga kandangnya.

Sebanyak 63.645 penonton datang langsung ke Giuseppe Meazza ketika Inter menjamu Frosinone akhir pekan lalu. Kemudian, laga Napoli melawan Chievo menyedot sebanyak 44.408 penonton. Duel antara Juventus kontra SPAL disaksikan 41.052 penonton di Stadion Allianz.

Masih berdasarkan catatan dari Football Italia, jumlah rata-rata 30 ribu penggemar itu sebelumnya tidak tercapai dalam tiga musim terakhir. Dalam 10 musim, hal tersebut hanya tujuh kali terjadi.

Kali terakhir rekor membeludaknya penonton tercipta pada pekan ke-11 Seri A musim 2008/2009. Kehadiran penggemar ke berbagai arena cenderung meningkat pada paruh musim kedua.

Jika diperincikan per klub, Inter memegang rekor jumlah penonton tertinggi. Sejauh ini, ratarata 62.859 Interisti memadati Giuseppe Meazza. Di urutan kedua ada klub seteru sekota Inter, yakni AC Milan. Jika dirata-ratakan, sekitar 54.393 orang memenuhi Giuseppe Meazza.

Selanjutnya, ada AS Roma yang disaksikan sebanyak 40.162 penonton per pertandingan. Selanjutnya, ada Juventus dengan sebanyak 36.699 penonton yang datang ke stadion per pertandingan. Nyaris selalu penuh ini karena kapasitas Stadion Allianz yang mencapai 41.507 kursi. Napoli, Fiorentina, dan Lazio rata-rata penontonnya di atas 30 ribu orang.

Di tengah semaraknya para penonton Seri A, bukan berarti semua tiket pertandingan laris terjual. Contohnya adalah laga Empoli yang masuk kategori sepi penonton, yakni di bawah 10 ribu orang.

photo
Cristiano Ronaldo


Seri A 2018/2019 ini memang menjadi sorotan sejak awal musim. Ini karena kedatangan megabintang lapangan hijau saat ini, Cristiano Ronaldo. Pemain berpaspor Portugal itu berlabuh ke Juventus setelah sembilan musim membela klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

"Saya rasa Ronaldo tidak hanya memberi dampak positif bagi Juventus, tetapi juga terhadap persepakbolaan Italia," kata Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Roberto Fabbricini.

Legenda hidup Juventus, Alessandro Del Piero, sebelumnya sudah memprediksi kehadiran Ronaldo bagus bagi masa depan sepak bola Italia karena level kompetisi meningkat. Mantan pemain kebanggaan publik Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima, juga sempat memprediksi kedatangan CR7 ke Juventus membuat Seri A bergelora lagi. "Datangnya Cristiano Ronaldo merupakan hal bagus," kata Ronaldo kepada Sky Sport Italia yang dikutip ESPNFC.

Kedatangan pemain bintang ke Inter juga turut mendongkrak jumlah penonton di Seri A. Pada bursa transfer musim panas lalu, lah bintang anyar berkostukm Nerazzurri, di antaranya Kwadwo Asamoah, Radja Nainggolan, Lautaro Martinez, Stefan de Vrij.

Begitu juga para penggemar Milan yang kembali memadati kursi stadion di Giuseppe Meazza. Pasalnya, neraca keuangan Il Diavolo kian sehat di bawah Elliot Management, ditambah lagi performa Rossoneri yang membaik. ¦ ed: citra listya rini

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA