Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kades dan Warga yang Hilang Gunung Salak Ditemukan Selamat

Senin 17 Des 2018 22:18 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani

gunung salak

gunung salak

Foto: antara
Mereka ke kawasan Gunung Salak untuk mengecek sumber air yang keruh.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak dua orang warga dan seorang kepala desa yang dikabarkan hilang kontak di Gunung Salak akhirnya ditemukan selamat. Proses penemuan dan evakuasi dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Data yang diperoleh menyebutkan, kepala desa yang sempat dikabarkan hilang tersebut adalah Kepala Desa Parakansalak Budi dan dua orang warga yakni Andri (35) dan Deden alias Ejeng (46). Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, kades dan dua orang warga tersebut masuk ke kawasan Gunung Salak untuk mengecek sumber air yang keruh.

Sebelumya kades dilaporkan oleh warga mengenai kondisi air yang dialirkan ke warga keruh. Selanjutnya pada Ahad (16/12) sekitar pukul 10.00 WIB kades dan dua orang warga memutuskan untuk mengecek sumber air di sekitar Kawah Ratu Gunung Salak.

‘’ Informasi yang diperoleh kades dan dua orang warga masih bisa dihubungi pada Ahad siang,’’ ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman kepada wartawan Senin (17/12). Namun setelahnya terjadi hilang kontak antara kades dengan keluarga.

Sehingga kata Eka, warga Parakansalak dan aparat desa melakukan upaya koordinasi untuk pencarian. Hasilnya dikerahkan tim pencarian yang berasal dari berbagai elemen yakni PMI,  Aqua Rescue, Relawan Khatulistiwa, SR, Ruang Peduli, Pramuka Peduli, URC PB dan lain sebagainya

Tim pencarian lanjut Eka dibagi menjadi tiga dengan tugas yang berbeda yakni evakuasi dan penjemputan. ‘’ Ketiga orang tersebut akhirnya ditemukan di daerah Cipanas sekitar pada Senin pukul 01.30 WIB,’’ cetus dia.

Ketiganya ungkap Eka, ditemukan dalam kondisi tengah beristirahat karena kecapaian dan kedinginan. Di mana dari titik ditemukan ke titik penjemputan perjalanan kurang lebih dua jam.

Selanjutnya kata Eka, sekitar pukul 03.05 WIB korban dievakuasi ke titik penjemputan daerah Tonjong. Sebelumnya mereka telah dilakukan pemeriksaan oleh tim dari PMI.

Tepat pada pukul 04.20 WIB sambung Eka, ketiga orang tersebut berhasl dievakuasi dan dibawa ke puskesmas terdekat. Sehingga proses pencarian ini telah berhasil menemukan ketiga orang tersebut dalam keadaan selamat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA