Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

UMP Beri Pelatihan Bela Negara Bagi Calon Guru

Selasa 18 Des 2018 17:07 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: wordpress.com
pelatihan bela negara ini diberikan untuk membentuk karakter dari empat karakter.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), memberikan pelatihan bela negara bagi para calon guru. Wakil Dekan I FKIP UMP Pamujo MPd menyebutkan, pelatihan bela negara ini diberikan untuk membentuk karakter dari empat karakter yang diberikan dalam penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru di UMP.

''Untuk pelatihan bela negara ini, kami menjalin kerja sama dengan Korem 071/Wijayakusuma Purwokerto. Sejauh ini, sudah dua kali kami menggelar pelatihan bela negara dengan kerjasama  Korem 071/Wijayakusuma,'' jelasnya, Selasa (18/12). Pelatihan bela negara ini, berlangsung sejak Ahad (16/12) hingga Selasa (18/12).

Dia menyebutkan, dalam pelatihan kali ada sebanyak 48 calon guru yang ikut serta. Mereka merupakan lulusan berbagai perguruan tinggi di Tanah Air, seperti dari UNY Yogyakarta, UAD, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, UMS Surakarta, IKIP Bandung, dan perguruan tinggi lain.

Menurutnya, pada tahun 2018 ini, UMP masih mendapat amanat sebagai penyelenggara PPG oleh Kementerian Riset Dikti. Dalam program ini, Kemenristek Dikti memberikan subsidi bagi peserta yang mengikuti PPG.

''Di Jateng, hanya ada 6 perguruan tinggi yang menyelenggarakan PPG, dan di Indonesia hanya ada 45 perguruan tinggi,'' jelasnya.

Sementara dalam pelatihan tersebut, Perwira Seksi Perlawanan Wilayah Korem 071 Wijayakusuma Mayor Inf Amir Maruf menyatakan, materi dan pelatihan bela negara serta wawasan kebangsaan diberikan kepada calon pendidik, agar nantinya bisa menularkan pada anak didiknya.

''Dengan demikian, pada anak-anak didik mereka bisa ditanamkan karakter cinta terhadap Tanah Air,'' katanya.

Dia juga menyatakan, materi pelatihan yang diberikan terdiri dari materi mengenai wawasan kebangsaan, pembangunan karakter bangsa, bela negara, kepemimpinan, baris-berbaris, dan juga kegiatan outbound.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA