Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Prediksi Puncak Kemacetan di Jalur Puncak Terjadi Besok

Sabtu 22 Dec 2018 16:30 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018).

Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pengendara diminta menggunakan jalur alternatif lain menuju Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Libur panjang Natal dan Tahun Baru dimulai hingga satu pekan ke depan. Kepolisian Resor (Polres) Bogor memprediksi puncak kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak akan terjadi pada Ahad (23/12) besok. Pengendara diminta menggunakan jalur alternatif lain menuju Cianjur.

“Kawasan wisata di Jalur Puncak masih jadi destinasi favorit bagi warga untuk liburan pergantian tahun,” kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (22/12).

Hasby menuturkan, kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak sudah terjadi sejak Jumat (21/12). Berdasarkan data Gerbang Tol Ciawi, jumlah kendaraan yang keluar dari Tol Jagorawi yang mengarah ke Puncak sejak Jumat hingga Sabtu pagi sudah mencapai 65.160 kendaraan mobil.

Menurut dia, volume kendaraan terus meningkat dan diprediksi puncak kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak akan terjadi pada Sabtu (22/12) hingga Ahad (23/12). Dengan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak tersebut, terjadi kepadatan lalu lintas sepanjang tiga kilometer menjelang pintu gerbang Tol Ciawi.

Untuk mengurangi kepadatan itu dia mengatakan, satuan lalu lintas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya, yakni dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB. Ia menuturkan, terdapat beberapa simpul kepadatan di wilayah kawasan Jalur Bogor Puncak ke Cianjur yang perlu diwaspadai.

“Di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megamendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warungkaleng,” kata dia.

Ia berharap kendaraan yang terjebak dalam antrean agar selalu bersabar dan waspada serta tidak menyalip kendaraan karena dapat memperparah kemacetan lalu lintas. Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur untuk menggubakan jalur alternatif melalui Jonggol, Cileungsi, dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer.

Ia menyebut, Polres Bogor menerjunkan personel di sepanjang Jalur Bogor Puncak Cianjur dan Jalur Bogor Ciawi Sukabumi sebanyak 200 personel gabungan. Personel gabungan tersebut berasal dari satuan lalu lintas Polres Bogor, satuan Sabhara Polres Bogor beserta gabungab Polsek Ciawi, Megamendung, dan Cisarua.

Untuk mengetahui perkembangan arus lalu lintas di wilayah Puncak dan sekitarnya, masyarakat dapat mengakses media sosial kepolisian di akun @TMCPolresBogor.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA