Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Pemuda Muhammadiyah Samakan Khittah di Tahun Politik

Sabtu 05 Jan 2019 20:10 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiya periode 2018-2022 Sunanto memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022 di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakatra, Jumat (28/12) malam.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiya periode 2018-2022 Sunanto memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022 di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakatra, Jumat (28/12) malam.

Foto: Republika/Prayogi
Sunanto merasa perlu dinasehati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat (PP) Pemuda muhammadiyah menyelenggarakan Darul Arqam yang dibimbing PP Muhammadiyah, untuk menyamakan persepsi dan khittah perjuangan organisasi. Penyamaan persepsi ini dianggap perlu dan penting di tengah suasana politik nasional jelang pemilu 2019.

Ketua PP pemuda muhammadiyah Sunanto, bertemu Ketua Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah Ari Ansori, Sabtu (5/1), untuk mengagendakan penyelenggaraan Darul Arqam tersebut. Pada kesempatan tersebut, Sunanto memohon PP Muhammadiyah sebagai induk organisasi memberikan bimbingan kepada pengurus baru PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022.

“Pengurus PP Pemuda Muhammadiyah banyak dari daerah-daerah, dengan budaya dan latar belakang profesi berbeda-beda. Untuk itu, saya sebagai ketua umum merasa perlu adanya penyamaan persepsi dan paham keagamaan serta khittah perjuangan yang diyakini oleh Muhammadiyah," kata Sunanto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/1).

Sunanto menilai di awal kepemimpinan PP Pemuda Muhammadiyah 2018-2022 dipandang perlu, bahkan wajib adanya perkaderan yang dipimpin langsung oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Terlebih momen saat ini menjelang perhelatan politik pemilu 2019.

Sunanto juga menambahkan pimpinan PP Muhammadiyah terutama Majelis Pendidikan Kader (MPK) perlu menasehati dirinya dan pengurus lain dalam mengemban amanah kepemimpinan Pemuda Muhammadiyah. Atas kedatangan dan permohonan ketum PP Pemuda Muhammadiyah tersebut, Ari Anshori menyambut baik dan berterima kasih.

Menurut Ari Anshori, kedatangan secara langsung Sunanto kepada MPK PP Muhammadiyah menunjukkan itikad baik dan sungguh-sungguh sebagai ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah untuk meneguhkan kaderisasi di periode kepemimpinannya.

“Saya menyampaikan selamat telah terpilih sebagai ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah, dan menyambut baik serta berterima kasih atas permohonan kepada PP Muhammadiyah untuk menyelenggarakan Darul Arqam," ujar Ari Anshori.

Berbeda dengan periode sebelumnya, menurut Ari, periode lalu tidak ada kehendak baik dan sungguh-sungguh seperti itu. "Insya Allah kami bersedia dan akan selenggarakan Darul Arqam secepatnya bagi pengurus PP Pemuda Muhammadiyah," katanya menambahkan.

Hadir pada pertemuan tersebut pengurus Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah diantaranya Bunyamin, Faiz Rafdhi, M. Dwi Fajri, Hazuarli, dan Nugroho Noto Susanto. Dalam momentum tersebut, hadir pula Sekretaris Ekekutif MPK PP Muhammadiyah, Rifqi Rifai. Rencananya Darul Arqam PP Pemuda Muhammadiyah yang akan diselenggarakan di Jakarta pada akhir Januari 2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA