Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Kanker Nasofaring di Indonesia dan Upaya Pemulihannya

Jumat 11 Jan 2019 11:00 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil

Kanker nasofaring

Pita perlambang perjuangan melawan kanker.

Foto: Flickr
Penderita kanker nasofaring kisaran empat hingga sembilan per 100 ribu penduduk.

Perawatan Sering Diberikan dalam Kombinasi dengan Kemoterapi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deskripsi opsi perawatan paling umum untuk NPC (karsinoma nasofaring) tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis dan stadium kanker, kemungkinan efek samping, dan preferensi pasien, serta kesehatan secara keseluruhan. Perawatan utama untuk NPC adalah terapi radiasi.

Perawatan itu sering diberikan dalam kombinasi dengan kemoterapi. Pendekatan itu disebut kemoradioterapi bersamaan.

Pembedahan untuk NPC kadang-kadang digunakan, terutama untuk menghilangkan kelenjar getah bening setelah kemoradioterapi atau mengobati NPC yang kembali setelah perawatan awal. Rencana perawatan dapat mencakup perawatan untuk gejala dan efek samping, bagian penting dari perawatan kanker.

Meskipun menyembuhkan kanker adalah tujuan utama dari perawatan, menjaga fungsi organ dan jaringan terdekat juga sangat penting. Ketika dokter merencanakan perawatan, mereka mempertimbangkan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, termasuk bagaimana perasaan seseorang, penampilan, pembicaraan, makan, dan bernafas.

Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah penggunaan sinar-X berenergi tinggi atau partikel lain untuk menghancurkan sel kanker. Regimen terapi radiasi, atau jadwal, biasanya terdiri dari sejumlah perawatan tertentu yang diberikan selama periode waktu tertentu. Ada beberapa jenis terapi radiasi yang dapat direkomendasikan oleh dokter untuk NPC, yakni terapi radiasi sinar eksternal, terapi proton, stereotactic radiosurgery, brachytherapy (terapi radiasi internal).


Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat-obatan untuk menghancurkan sel-sel kanker, biasanya dengan mengakhiri kemampuan sel-sel kanker untuk tumbuh dan membelah. Kemoterapi diberikan oleh ahli onkologi medis. Kemoterapi sistemik masuk ke aliran darah untuk mencapai sel kanker di seluruh tubuh. Cara umum untuk memberikan kemoterapi meliputi, menempatkan sebuah tabung intravena (IV) ke dalam vena menggunakan jarum, dalam pil atau kapsul yang tertelan (secara oral), tembakan (injeksi) ke otot, di bawah kulit, atau langsung ke tumor kanker.


Operasi

Pembedahan adalah pengangkatan tumor dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Kadang-kadang digunakan untuk NPC, tetapi ini bukan pilihan pengobatan yang umum karena daerah tersebut sulit dijangkau dan terletak dekat dengan saraf kranial dan pembuluh darah.

Seorang ahli onkologi bedah adalah seorang dokter yang berspesialisasi dalam mengobati kanker menggunakan operasi. Jika dokter mencurigai bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, operasi pengangkatan kelenjar getah bening di leher mungkin disarankan. Jenis operasi ini disebut diseksi leher. Untuk karsinoma nasofaring yang tidak berdiferensiasi, kadang diperlukan diseksi leher.


Mendapatkan perawatan untuk gejala dan efek samping

Kanker dan perawatannya sering menimbulkan efek samping. Selain perawatan yang dimaksudkan untuk memperlambat, menghentikan, atau menghilangkan kanker, bagian penting dari perawatan kanker adalah menghilangkan gejala dan efek samping seseorang. Pendekatan ini disebut perawatan paliatif atau suportif, dan itu termasuk mendukung pasien dengan kebutuhan fisik, emosional, dan sosialnya.

NPC metastatik

Jika kanker menyebar ke bagian lain dalam tubuh dari awal, dokter menyebutnya kanker metastasis. Jika ini terjadi, ada baiknya berbicara dengan dokter yang memiliki pengalaman dalam mengobatinya. Dokter dapat memiliki pendapat berbeda tentang rencana perawatan standar terbaik. Juga, uji klinis mungkin menjadi pilihan. Pelajari lebih lanjut tentang mendapatkan pendapat kedua sebelum memulai perawatan, sehingga Anda merasa nyaman dengan rencana perawatan yang Anda pilih.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA