Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Debat Pilpres, Kapolda: Seluruh Polisi di Jakarta Siaga

Kamis 17 Jan 2019 14:21 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar

Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Kapolda berharap kedua pendukung paslon ikut menjaga ketertiban dan keamanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan, jajaran kepolisian di DKI Jakarta disiagakan untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya debat perdana pilpres pada Kamis (17/1) malam. Polisi juga akan mengamankan jalur yang dilintasi oleh paslon capres-cawapres.
 
"Semua wilayah di DKI Jakarta siaga untuk melakukan antisipasi dan betul-betul mensupport kegiatan debat agar berjalan lancar. Kami (kepolisian) akan berkomunikasi terus," ujar Indra kepada wartawan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) siang.

Pihaknya berharap tidak ada bentrokan antarpendukung Paslon 01 maupun Paslon 02. Namun, polisi sudah menyiapkan prosedur pengamanan, seperti membawa mobil penyemprot air serta sejumlah kendaraan pendukung lainnya.  "Kami harap tidak ada bentrokan. Agar pendukung jangan terpecahbelah," katanya.

Dia melanjutkan, kepolisian juga akan mengamankan sepanjang rute yang akan dilewati oleh paslon capres-cawapres.  Baik capres maupun cawapres dari masing-masing kubu sudah menetap rute keberangkatan mereka menuju lokasi debat di Hotel Bidakara.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Republika di Hotel Bidakara, polisi sudah menyiapkan dua mobil penyemprot air. Selain itu, ada dua barakuda milik TNI yang juga disiapkan di sekitar hotel. Sebagai tambahan, ada lima mobil dinas kebersihan dan empat mobil air bersih yang juga diparkir di sekitar Hotel Bidakara.

Sebagaimana diketahui, debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat pertama ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.

Debat pertama ini akan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun, sejak pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kegiatan pra debat.  Sementara itu, siaran debat baru akan dimulai pukul 20.00 WIB. Debat disiarkan secara live di tiga stasiun televisi yakni TVRI, Kompas TV dan RTV. Selain itu, debat juga disiarkan live di radio melalui siaran RRI.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA