Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Penumpang Keluhkan Penambahan Rute Jalur 4 Stasiun Manggarai

Rabu 23 Jan 2019 11:19 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Friska Yolanda

Penumpang kereta rel listrik (KRL) jurusan Depok/Bogor dan Bekasi/Cikarang menunggu di Peron 4 Stasiun Manggarai, Rabu (23/1) pagi.

Penumpang kereta rel listrik (KRL) jurusan Depok/Bogor dan Bekasi/Cikarang menunggu di Peron 4 Stasiun Manggarai, Rabu (23/1) pagi.

Foto: Republika/Mimi Kartika
Penumpang semakin menumpuk karena harus berbagi jalur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalur 10 Stasiun Manggarai ditutup sementara mulai Rabu (24/1) sampai 45 hari ke depan. Hal itu sebagai upaya mempercepat revitalisasi stasiun tersebut sebagai pertemuan jalur kereta rel listrik.

Akibat penutupan Jalur 10 itu, para penumpang KRL yang akan menuju Depok/Bogor dilayani KRL di jalur 8, 5 ,dan 4. Selain melayani tujuan Depok/Bogor, di jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara dan Bogor/Depok-Jakarta Kota. Sementara untuk jalur 4 selain melayani KRL tujuan Depok/Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi/Cikarang. 

Menurut salah satu penumpang tujuan Bekasi/Cikarang, Ranu (22 tahun), peron 4 sudah ramai penumpang yang menunggu KRL ketika jam sibuk. Apalagi, lanjut dia, jika ditambah adanya penumpang KRL jurusan Depok/Bogor di peron 4.

"Pasti ramai kalau jam sibuk karena harus berbagi lagi dengan penumpang jurusan lain," ujar Ranu ditemui Republika.co.id saat menunggu KRL di Peron 4 Stasiun Manggarai, Rabu (23/1) pagi.

Ia mengatakan, saat ini sudah merasakan adanya keterlambatan kedatangan KRL menuju Bekasi/Cikarang. Menurutnya, keterlambatan itu karena KRL di Jalur 4 harus berbanti perlintasan dengan tujuan Depok/Bogor.

"Pastinya, karena harusnya cuma Bekasi, jadi terganggu karena jalur khusus dia jadi dibagi dengan jurusan lain," kata Ranu. Belum lagi, lanjut dia, terkadang KRL tertahan ketika akan masuk ke Stasiun Manggarai. 

Ia berharap proses revitalisasi Stasiun Manggarai segera selesai. Petugas stasiun di lapangan juga harus sering menginformasikan tujuan KRL di Jalur 4 agar penumpang tak salah naik.

Pengalihan KRL jurusan Depok/Bogor ke Jalur 4 ini juga dikeluhkan penumpang melalui akun Instagram resmi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Salah satunya pemilik akun @ggitt_____. "Kebayang antreannya nanti kayak gimana kalau semuanya di jalur 4. Rakyat Bekasi auto minum panadol terus tiap hari. Saking pusingnya," tulis dia.

"Aduuuh Bekasi udah laaaamaaaa keretanya pake dibarengin yang ke arah depokbogor pula. Makin lama deh. Blum lagi ketahan KJJ nyaaa. Bisa 1jam lebih sampe bekasi. Makin malem sampe bekasiiiiiiiiiiiii nya. Haduuuh @krlcommuterline," tulis komentar @eryayuanita dalam postingan PT KCI mengenai informasi Perubahan Jalur Stasiun Manggarai.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA