Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Sentra Durian di Kabupaten Pekalongan Mulai Panen

Rabu 23 Jan 2019 18:12 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Durian

Durian

Foto: flickr
Pemkab memfasilitasi petani dengan menggelar berbagai fastival durian.

REPUBLIKA.CO.ID, KAJEN -- Sentra durian di Jawa Tengah semakin menyebar. Seperti wilayah Kabupaten Pekalongan, saat ini juga terdapat kawasan yang menjadi sentra penghasil durian. Sentra durian di Kabupaten Pekalongan ada di beberapa kecamatan, antara lain di Kecamatan Doro, Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Talun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan, Siswanto, Rabu (23/2) menyebutkan, pada akhir Januari 2019 ini, sentra-sentra penghasil durian sudah mulai memasuki musim panen. Untuk itu, dia mempersilakan warga penggemar durian untuk datang ke wilayah kecamatan tersebut, karena cukup banyak petani yang menjual langsung hasil panennya di pinggir-pinggir jalan.

Enam Sarapan Alternatif Tinggi Protein

Menurutnya, sebagai sentra penghasil durian, di beberapa kecamatan tersebut juga terdapat durian khas lokal Pekalongan. Di wilayah Kecamatan Doro, ada durian lokal khas bernama durian Boyo, dan di Kecamatan Karanganyar ada durian Lolong.

Untuk meningkatkan promosi durian lokal ini, Siswanto menyebutkan, pihaknya menfasilitasi petani dengan menggelar berbagai fastival durian. Antara lain kegiatan bertajuk Festival Durian Lolong, tasyakuran durian Lemahabang yang akan digelar pada saat panen raya. ''Melalui festival durian ini, kita juga mempromosikan potensi wisata yang ada di wilayah sekitar,'' katanya.

Dia juga menyebutkan, ke depan pihaknya akan ikut mengembangkan varietas tertentu di sentra durian. Dengan cara ini, pihaknya berharap potensi bibit unggul durian khas Pekalongan bisa disebarkan ke daerah-daerah lain.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA