Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Pemda DIY Apresiasi Pemenang MTQ Nasional

Ahad 27 Jan 2019 18:02 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kafilah MTQ DIY saat menerima penghargaan dari Pemda DIY di Gedung Pracimosono Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Kafilah MTQ DIY saat menerima penghargaan dari Pemda DIY di Gedung Pracimosono Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Foto: Dokumen.
Penghargaan prestasi bagi kafilah MTQ ini merupakan sesuatu yang baru.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemda DIY memberikan bonus penghargaan kepada kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) DIY yang telah berlaga di MTQ Tingkat Nasional XXVII. Gelaran itu sendiri berlangsung 4-13 Oktober 2018 di Medan.

Pemberian penghargaan disampaikan Sekda DIY, Gatot Saptadi, didampingi Kabiro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Puji Astuti. Terdapat enam kafilah DIY yang mendapatkan penghargaan.

Ada Al Hasan dari cabang tahfiz 20 juz putera peringkat satu nasional yang menerima Rp 48 juta, dan Jauhara Sa'adati dari cabang khat Alquran kontemporer puteri peringat satu Rp 48 juta.

Ada pula Yudhi Dwi Arifianto dari cabang khat Alquran kontemporer peringat dua nasional yang menerima sebesar Rp 30 juta, serta Isqi Nafsaki H, Yasmeen MW, dan Taqiya Himma dari cabang musabaqah fahmil Quran peringkat nasional Rp 50 juta.

Pemda DIY turut memberikan penghargaan kepada para pelatih atau pembina DIY yang mendampingi mereka. Ada Kiai Zuban Rp 14 juta, Robert Nasrullah Rp 14 juta dan Rp 8 juta, serta Kasturi Rp 8 juta.

Selain MTQ, Pemda DIY turut memberikan apresiasi kepada kontingen Pesparani di Ambon dan Pesparawi di Pontianak. Sekda DIY, Gatot Saptadi bersyukur, kontingen DIY mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan dalam gelaran-gelaran itu.

"Kafilah MTQ DIY belum pernah berhasil masuk 10 besar, tapi alhamdulillah pada MTQ nasional 2018 DIY berhasil menempat peringkat 8 dari 34 provinsi," kata Gatot di Gedung Pracimosono kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Pada kesempatan itu, Gatot berpesan agar hakikat, makna, dan tujuan MTQ dapat dipegang teguh. Selain itu, ia berharap, mereka dapat meresapi, menghayati, dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Kabiro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Puji Astuti menuturkan, pemberian penghargaan prestasi bagi para MTQ kali ini merupakan sesuatu yang baru. Maka itu, ini menjadi kebanggaan bagi semua elemen di DIY.

"Ini menjadi sejarah pertama DIY memberikan apresiasi kepada kafilah MTQ, semoga mampu menambah semangat," ujar Puji.

Kebanggaan sama disampaikan Kasi Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqah Alquran dan Alhadis Bidang Penerangan Agama Islam dan Zakat Wakaf Kanwil Kementerian Agama DIY, Ahmad Subkhi.

Ia berharap, dengan pemberian penghargaan ini bisa menambah motivasi. Dan, ke depan, kafilah-kafilah MTQ DIY dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi dan bisa mengharumkan DIY di tingkat nasional.

"Berharap kafilah DIY pada masa yang akan datang mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih, syukur-syukur bisa lebih meningkat," kata Subkhi.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA