Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Lombok Diklaim Masih Aman dari Kasus Rabies

Rabu 13 Feb 2019 15:08 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas dokter hewan memperlihatkan vaksin rabies.

Petugas dokter hewan memperlihatkan vaksin rabies.

Foto: Antara/Septianda Perdana
Kasus rabies hanya terjadi di Pulau Sumbawa yakni Kabupaten Dompu.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat (NTB) Nurhandini Eka Dewi mengatakan, Pulau Lombok masih aman dari kasus rabies . Sejauh ini, dia katakan, kasus rabies hanya terjadi di Pulau Sumbawa yakni Kabupaten Dompu yang telah mengeluarkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap kasus ini, serta beberapa kasus gigitan anjing liar di Kabupaten Sumbawa.

"Lombok Alhamdulillah sampai saat ini masih aman," ujar Eka, Rabu (13/2).

Meski belum ada kejadian gigitan anjing liar di Lombok, Pemprov NTB telah melakukan upaya antisipasi kasus rabies dengan melakukan eliminasi terhadap anjing liar, terutama di Kota Mataram yang memiliki populasi anjing cukup banyak.

"Khususnya Kota Mataram yang populasi anjing banyak sudah mulai eliminasi juga (anjing liar), kalau anjing yang ada pemiliknya kita vaksinasi," kata Eka.

Selain itu, kata Eka, Pemprov NTB juga bekerja sama dengan balai karantina di pelabuhan untuk mencegah keluar-masuknya anjing liar dari Pulau Sumbawa dan Bali ke Lombok.

"Karantina juga menahan, tidak boleh ada keluar masuk," ucap Eka.

Dinas Kesehatan NTB bersama Dinas Kesehatan kabupaten dan kota, lanjut Eka, terus melakukan antisipasi dengan menyiapkan ribuan vaksin dan serum antirabies. Eka berharap, vaksin dan serum antirabies mampu mencegah jatuhnya korban jiwa akibat gigitan anjing gila tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA