Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kanim Jaksel Gelar Layanan Paspor Goes to Mall

Kamis 14 Feb 2019 06:06 WIB

Rep: Rossi Handayani/Haura Hafizah/ Red: Maman Sudiaman

Suasana layanan pembuatan paspor di mobil keliling yang digelar Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Suasana layanan pembuatan paspor di mobil keliling yang digelar Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Foto: Dok Imigrasi Jaksel
Tingginya animo masyarakat membuat pelayanan melebihi kuota yang ditetapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Jakarta Selatan menambah pelayanannya kepada masyarakat. Layanan keimigrasian tak cuma dilakukan di kantor yang berada di bilangan Warung Buncit, melainkan langsung jemput bola dengan menggunakan mobil keliling. Nama programnya layanan paspor goes to mall.

Adapun mall yang jadi lokasi pelayanan paspos yakni di Mall Lippo Kemang, Jakarta Selatan. Pada Rabu (13/2), layanan bagi pemohon melampaui target. Dari kuota yang ditetapkan 25 pemohon membengkak menjadi 37 pemohon pembuatan paspor baru atau penggantian yang dilayani oleh petugas imigrasi.

"Antusias masyarakat cukup banyak yang ingin mengajukan pembuatan paspor. Kemarin-kemarin selalu lebih dari 30 pemohon yang hadir," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan, Marina Magdalena Harahap, Rabu (13/2).

Adapun layanan mobil paspor dapat digunakan pemohon paspor, tanpa harus mendatangi kantor imigrasi untuk proses pembuatannya. Mereka juga tidak perlu melakukan pendaftaran online.

Kuota yang ditetapkan hingga 25 pemohon, namun petugas terkadang melayani lebih dari batas kuota. Jumlah pemohon yang ditetapakan memang tidak banyak, karena hanya tersedia satu alat untuk pembuatan paspor. "Program ini menjemput bola ke masyarakat karena kami kantornya kecil tempat parkirnya. Agar bisa terlayani dipecah konsentrasinya ke mol atau kantor-kantor," kata Marina.

Mobil keliling paspor ini memang baru digunakan di awal tahun oleh kantor Imigrasi Jaksel dari Kantor Pusat Imigrasi. Apabila kendaraanya sudah tidak ada, petugas Imigrasi Jaksel nantinya akan tetap melakukan upaya jemput bola memmberikan pelayanan kepada masyarkat. "Kalau (mobil) sudah dibalikkan, kami tetap jalan dengan koper untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan memberikan kemudahan bagi mereka yang susah datang ke kantor kami, atau bagi para pekerja," ujar Marina.

Untuk kantor yang ingin dikunjungi oleh petugas imigrasi dapat mendaftarkan terlebih dahulu. Kemudian satu hari sebelum kegiatan berlangsung, berkas sudah dapat diajukan, sehingga apabila petugas datang tinggal mengambil foto, dan proses lebih cepat selesai.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan dari Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dapat diikuti melalui media sosial Instagram, Kanimjaksel.

Novita Tri Astuti seorang karyawan swasta, mengatakan, sedang memperpanjang paspor dan prosesnya tidak lebih dari 10 menit. "Paling antreannya doang si mbak yang bikin lama," ucapnya.

Ia mengeluarkan biaya perpanjang paspor sesuai ketentuan yakni sebesar Rp 355 ribu. "Prosesnya tadi hanya ditanya dimana kerjanya sama foto, dan sidik jari," ucapnya sambil menyatakan layanan mobil keliling goes to mall sangat memuaskan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA