Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Pameran Sleman Hebat Tampilkan Puluhan UMKM Khas

Selasa 19 Feb 2019 18:38 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Pembukaan Sleman Hebat di Taman Kuliner Condongcatur.

Pembukaan Sleman Hebat di Taman Kuliner Condongcatur.

Foto: Dokumen.
Sleman Hebat dapat menjadi pemantik gairah dari kunjungan pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gelar pameran bertajuk Sleman Hebat resmi terselenggara. Acara yang berlangsung pada 16-20 Februari 2019 itu digelar di Taman Kuliner Condongcatur, Kabupaten Sleman, DIY.

Penyelenggaraan Sleman Hebat dibuka secara simbolis lewat pemukulan kentongan secara bersama. Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, gelaran itu sangat penting diadakan hari ini.

Terlebih, pada masa-masa low season wisatawan yang memang biasa terjadi pada beberapa bulan selama awal tahun. Ia menilai, melalui Sleman Hebat, Kabupaten Sleman akan mampu menarik lagi kunjungan pariwisata.

"Ini kan masih sedikit destinasi wisata, dengan gelaran ini kita harapkan mampu menarik wisatawan untuk datang ke DI Yogyakarta pada umumnya, dan Sleman secara khusus," kata Sri.

Selain itu, ia merasa, gelaran Sleman Hebat dimaksudkan demi meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih, ada kurang lebih 80 UMKM asli Sleman yang meramaikan kegiatan kali ini.

Senada, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman, Tri Endah Yitnani menuturkan, gelaran ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kabupaten Sleman.

Ia berharap, Sleman Hebat dapat menjadi semacam pemantik gairah dari kunjungan pariwisata. Sekaligus, lanjut Endah, dalam rangka mempromosikan hasil-hasil kerajinan masyarakat. "Berharap menjadi acara tahunan, dan ke depannya akan kita persiapkan lebih matang lagi," ujar Endah.

Sleman Hebat merupakan gelaran turunan dari Yogya Heboh yang sukses terselenggara beberapa waktu lalu. Kali ini, menghadirkan pameran-pameran UMKM, kuliner, dan pariwisata.

Pembedanya, Sleman Hebat menghadirkan penampilan-penampilan musik dan seni asli Kabupaten Sleman. Ada pula pelatihan membuat film animasi, lomba, perlombaan, dan bincang-bincang.

Kegiatan ini merupakan sinergi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Sleman. Plt Ketua Kadin Kabupaten Sleman, Wawan Hermawan berharap, kegiatan itu bisa mengeksplorasi potensi besar Sleman.

Untuk itu, turut dilibatkan anak-anak sekolah di Sleman mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Ia berharap, seperti halnya Yogya Heboh, kesuksesan diraih pula Sleman Hebat.

"Dengan kebersamaan dan sinergi, diharapkan memunculkan kekuatan untuk membuat Kabupaten Sleman yang lebih hebat lagi," kata Wawan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA