Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Sampah di TPS Liar Marak Terjadi di Kabupaten Bandung

Rabu 27 Feb 2019 10:05 WIB

Rep: M. Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih

Sampah di tempat pembuangan sampah liar di Kabupaten Bandung masih marak  seprrti di Jalan Gandasoli, Kecamatan Soreang, Rabu (27/2).

Sampah di tempat pembuangan sampah liar di Kabupaten Bandung masih marak seprrti di Jalan Gandasoli, Kecamatan Soreang, Rabu (27/2).

Foto: Republika/M. fauzi Ridwan
Warga meminta dibuatkan TPS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) liar marak terjadi di wilayah kabupaten bandung . Sebelumnya sampah muncul di jalan Jaksa, Baleendah dan jalan alternatif Pameungpeuk-Soreang. Kini tumpukan sampah muncul kembali di jalan Raya Gandasoli Kidul, Desa Gandasari, Kecamatan Katapang, Rabu (27/2).

Salah seorang warga yang tiap hari melintas di jalur tersebut, Nisa (40) mengungkapkan sampah mengeluarkan aroma busuk dan menganggu pengendara yang melintas. Termasuk warga sekitar lokasi tps liar . Ia terpaksa melewati jalur tersebut karena harus mengantar anaknya yang sekolah di SD swasta.

"Gak enak aja sama bau sampah dan khawatir ganggu kesehatan," ujarnya, Rabu (27/2). 

Dirinya mengaku tidak mengetahui kapan sampah tersebut ada dan terus menumpuk. Namun diperkirakan sampah berasal dari warga yang melintas kemudian membuangnya.

Ia mengungkapkan, diperkirakan warga membuang sampah dipinggir jalan karena diwilayah tersebut tidak ada TPS. Dirinya pun berharap agar sampah-sampah tersebut segera diangkut oleh petugas kebersihan. 

Sementara itu, warga setempat Eni (30) mengungkapkan tidak jauh dari tumpukan sampah ada pangkalan ojek, rumah penduduk dan warung. Bahkan sampah melebar ke depan gerbang salah satu perumahan.

"Saya yang lewat suka mual dan nggak enak," katanya. 

Dia berharap agar TPS bisa dibangun di wilayah tersebut agar masyarakat tidak membuang sampah secara liar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA