Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Menko Puan: Buku adalah Jendela Dunia

Jumat 01 Mar 2019 13:44 WIB

Red: Ani Nursalikah

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani saat membuka pameran buku Big Bad Wolf di ICE BSD, Kamis (28/2).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani saat membuka pameran buku Big Bad Wolf di ICE BSD, Kamis (28/2).

Foto: Republika/Ani Nursalikah
Buku membangun kebudayaan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan buku adalah jendela dunia. Hal tersebut ia sampaikan saat membuka pameran buku Big Bad Wolf di ICE BSD, Kamis (28/2).

"Tugas Kementerian PMK adalah membangun manusia dan kebudayaannya, salah satunya melalui buku," katanya.

Ia menceritakan soal kunjungan ke Kabupaten Landak, Kalimantan Barat baru-baru ini. Menurutnya, sebagian besar masyarakat di sana hanya mengenal Angkatan Darat. Mereka tidak tahu Indonesia memiliki Angkatan Laut karena tidak pernah melihat laut.

"Hal ini mendorong Danlatamal setempat menggelar fashion show seragam Angkatan Laut untuk mengenalkan pada warga setempat," ujarnya.

Meski terdengar lucu, namun hal itu merupakan fakta. Karena itu ia ingin membangun perpustakaan agar anak-anak bisa belajar dan mengenal negara tempat mereka tumbuh.

Dalam sambutannya, ia juga mengajak pengusaha menyumbangkan buku hingga ke wilayah terpencil di Indonesia. Menurutnya, banyak perpustakaan di daerah yang tidak mempunyai koleksi buku.

Sumbangan buku juga bisa disalurkan ke wilayah bencana. Buku yang disumbangkan bisa dimanfaatkan untuk story telling sehingga membantu anak korban bencana pulih dari trauma.

Pembukaan Big Bad Wolf dihadiri Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Direktur BCA Henry Koenaifi, Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo, dan Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia Uli Silalahi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA