Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Nusantara Bertauhid, Ikhtiar Batin PKB Doakan Pilpres

Jumat 15 Mar 2019 20:14 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

 Nusantara Bertauhid. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua kanan) bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakir (kiri)i dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (kedua kiri) saat menghadiri peluncuran gerakan Nusantara Bertauhid di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta, Kamis (14/3).

Nusantara Bertauhid. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua kanan) bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakir (kiri)i dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (kedua kiri) saat menghadiri peluncuran gerakan Nusantara Bertauhid di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta, Kamis (14/3).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kegiatan ini berupa khataman Alquran dari 14 Maret-14 April 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang Pemilu pada 17 April 2019, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meluncurkan gerakan Nusantara Bertauhid di Masjid Almunawar, Ciganjur, Jakarta, Kamis (15/3) malam. Gerakan ini sebagai wujud keprihatinan atas dinamika sosial dan politik yang terjadi di Tanah Air saat ini. 

Cak Imin melihat sendi-sendi kehidupan kebangsaan, kenegaraan, dan kemasyarakatan mengalami berbagai ujian yang tidak ringan. 

Baca Juga

Ancaman hoaks, radikalisme, terorisme, kesenjangan ekonomi dan sosial, pudarnya nilai keagamaan, pergaulan bebas, narkoba, LGBT, perilaku menang sendiri, makin menambah berat perjuangan mewujudkan negara sejahtera, dan makmur lahir batin. 

“Gerakan Nusantara Bertauhid adalah gerakan moral keagamaan yang kami rumuskan sebagai tanggungjawab kami atas situasi mutakhir bangsa, di mana sesama umat Muslim, maupun antara umat beragama dibuat renggang dan diadu-domba oleh fitnah dan hoaks media sosial yang tersetruktur massif. Kami prihatin,” ujar Cak Imin dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/3). 

Menurut Cak Imin, bangsa ini harus bersama-sama membenahi semua sutuasi tersebut dengan kerja keras. 

Selain itu, sudah sepatutnya juga bersama-sama mengangkat kedua tangan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia.  

“Kita harus optimis Pemilu akan terlaksana dengan damai. Umat harus tetap bersatu dalam dukungan yang berbeda. Umat harus tetap akur dalam perbedaan pilihan. Dengan membaca Alquran dan bershalawat, yakinlah Allah akan memberikan pertolongannya kepada bangsa Indonesia," kata Wakil Ketua MPR ini.  

Terkait hal itu, Cak Imin mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk bergabung dan berpartisipasi membaca dan mengkhatamkan Alquran serta bersalawat secara serentak dalam gerakan Nusantara Bertauhid  yang akan dilaksanakan pada 14 Maret-14 April 2019. 

Acara ini akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia bersama para ulama, kiai, hafiz, qari serta santri, dan masyarakat umum. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKB, M Hanif Dhakiri mengatakan, dengan Nusantara Bertauhid, PKB mengajak kepada seluruh komponen bangsa, terutama umat Muslim melakukan upaya batin untuk menjaga katauhidan dan persatuan. 

“Berdoa agar bangsa Indonesia  selalu bersatu  dalam ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” kata Hanif.  

Gerakan Nusantara Bertahuhid, tambahnya, juga dimaksudkan agar Pemilu 17 April 2019 nanti berlangsung aman, damai, jujur, serta menghasilkan pemimpin yang memberikan kerja nyata bagi seluruh bangsa Indonesia.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA