Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kiai Maruf Sebut Jokowi Juga Bangun Infrastruktur Langit

Ahad 17 Mar 2019 22:37 WIB

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita

Cawapres No 01 KH Ma'ruf Amin saat mengikuti debat Cawapres Pilpres 2019 di Jakarta, Ahad (17/3).

Cawapres No 01 KH Ma'ruf Amin saat mengikuti debat Cawapres Pilpres 2019 di Jakarta, Ahad (17/3).

Foto: Republika/Prayogi
Pembangunan infrastruktur langit, yaitu berupa program Palapa Ring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon Wakil Presiden (Cawapres) 01 KH Ma’ruf Amin menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan cuma berhasil membangun infrastruktur darat dan laut. Namun, keberhasilan Jokowi juga melingkupi adanya pembangunan infrastruktur langit. Apa itu infrastruktur langit?

Kiai Ma’ruf menerangkan, pembangunan infrastruktur langit, yaitu berupa program Palapa Ring. Menurutnya, Palapa Ring merupakan infrastruktur langit di era Jokowi yang berhasil memberikan lahan baru, pengembangan usaha masyarakat, khususnya dalam bidang kreatif.

“Sehingga sekarang tumbuh usaha seperti start up (usaha rintisan di bidang teknologi informasi atau IT),” kata Kiai Ma’ruf.

Selain infrastruktur langit, Kiai Ma’ruf mengatakan, tentu sudah terbukti pembangunan infrastruktur darat dan laut, yang pesat di seluruh Indonesia. “Kami juga mendorong tenaga kerja kita mampu menguasai teknologi dijital dengan adanya infrastruktur langit. Dan kebetulan, pemerintah saat ini sudah mampu membangun infrastruktur darat, laut, dan udara,” kata Kiai Ma’ruf.

Ungkapan Kiai Ma’ruf soal infrastruktur langit menjadi materi program yang ia sampaikan dalam debat cawapres. Ia beradu argumen dengan cawapres 02 Sandiaga Uno, di Jakarta, pada Ahad (17/3).

Dalam debat kali ini, berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya. Kiai Ma’ruf mengatakan Jokowi akan melanjutkan perkembangan pembangunan infrastruktur di semua bidang, sebagai modal jangka panjang mencetak lapangan pekerjaan.

Terkait Palapa Ring, Jokowi pernah juga menyinggungnya saat debat dengan capres Prabowo Subianto, 17 Februari lalu. Saat itu, Jokowi mengatakan, program Pala Ring merupakan pemasangan kabel fiber optik dari Sabang, sampai Marauke. Kabel optik tersebut, ditanam sebagai upaya pemerintah mempermudah, akses komunikasi via daring, ataupun jaringan berstandar 4G.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA