Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Wiranto Ingatkan Pemilu Bukan Hanya untuk Pilih Presiden

Senin 18 Mar 2019 18:51 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita

Menteri Koordinator, Politik, Husum, dan Keamanan, Wiranto

Menteri Koordinator, Politik, Husum, dan Keamanan, Wiranto

Foto: ANTARA/RAISAN AL FARISI
Wiranto menyebutkan ada pemilu presiden-wakil presiden dan juga pileg.

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Wiranto, mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 17 April mendatang. Wiranto juga mengingatkan Pemilu 2019 bukan hanya untuk memilih presiden-wakil presiden. 

Menurut Wiranto, kegiatan pemungutan suara Pemilu 2019 hanya tinggal menghitung hari. Karena itu, kata dia, masyarakat harus memahami bahwa pemilu kali ini tidak hanya untuk memilih kepala negara dan wakil kepala negara saja. 

"Sebentar lagi ada pemilu presiden-wakil presiden, juga pileg untuk memilih calon anggota DPR, DPRD provinsi, kabupaten/kota dan calon anggota DPD. Seluruhnya dilaksanakan secara serentak, " ujar Wiranto ketika memberikan sambutan di Kantor Bupati Pulau Morotai, Maluku Utara, Senin (18/3). 

Sebelumnya, lanjut dia, pemilu secara serentak seperti ini belum pernah terjadi. "Banyak orang yang menginginkan Pemilu ini berhasil baik, sebab pemilu merupakan tahapan untuk membangun sistem demokrasi yang benar, membuktikan kedewasaan dalam demokrasi," tuturnya. 

Selain itu, yang paling penting dalam pemilu adalah memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas. Dengan demikian, kata Wiranto, sistem pemerintahan Indonesia yang sudah baik bisa terus berlanjut. 

"Maka, kami tunggu pada 17 April, supaya nanti kita sebagai warga negara mau menggunakan hak pilih. Kita pilih pemimpin yang berkualitas, baik presiden-wakil presiden , anggota DPR, anggota DPRD , anggota DPD. Jangan jadikan pemilu pesta demokrasi yang penuh konflik dan hoaks, serta fitnah," kata Wiranto.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA