Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Gubernur Jabar Dukung Ki Bagus Rangin Jadi Pahlawan Nasional

Kamis 21 Mar 2019 15:14 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Ki Bagus Rangin

Ki Bagus Rangin

Foto: panduumat
Emil mengajak banyak pihak memuliakan perjuangan Ki Bagus Rangin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ulang Bagus Rangin, atau Ki Bagus Rangin, tidak banyak yang mengenal sosok pejuang itu sebagai seorang pahlawan yang berjuang, sekitar tahun 1802-1818. Ia melawan Belanda di wilayah Ciayumajakuning, hingga Sumedang, Subang, dan Karawang. Oleh karena itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak berbagai pihak untuk bersama memuliakan perjuangan Ki Bagus Rangin dengan menceritakan, mendokumentasikan, atau bahkan memvisualisasikan kisah patriotismenya.

"Salah satu upaya yang sedang kita perjuangkan sekarang adalah pengusulan pejuang Bagus Rangin sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Kamis (21/3).

Emil mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung upaya tersebut. Ia juga akan sangat senang bila ada dokumen-dokumen ataupun kajian-kajian mengenai Bagus Rangin untuk mendukung pengusulan beliau sebagai Pahlawan Nasional. 

Bangsa Indonesia, kata Emil, merdeka dan terbentuk lewat perjuangan. Ki Bagus Rangin, turut berjuang 207 tahun silam, ketika beliau akhirnya ditangkap Belanda sekitar tahun 1812. 

"Simbolisasi perjuangan beliaupun diabadikan sebagai salah satu nama jalan di Kota Bandung, yaitu Jalan Bagus Rangin," kata Emil. Sebagai pemimpin Jawa Barat, menurut Emil, ia berkewajiban untuk meneruskan semangat perjuangan beliau agar menjadi pedoman generasi muda Jawa Barat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA