Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

KAI Renovasi Dua Stasiun Kereta Penunjang Bandara NYIA

Kamis 14 Mar 2019 13:24 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Nidia Zuraya

Pekerja menyelesaikan pembangunan konstruksi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (14/12/2018).

Pekerja menyelesaikan pembangunan konstruksi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (14/12/2018).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Renovasi stasiun kereta penunjang bandara NYIA ditargetkan selesai akhir Maret 2019

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 merenovasi dua stasiun sebagai penunjang New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang rencananya mulai dioperasionalkan April 2019 nanti. Dua stasiun tersebut yakni Stasiun Wojo dan Stasiun Kedundang.

Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 6, Eko Budiyanto mengatakan, saat ini baru Stasiun Wojo yang direnovasi. Target penyelesaian renovasi pun direncanakan pada Maret 2019.

"Yang direnovasi Wojo dulu, Kedundang nanti setelahnya. Kalau sekarang yang dibangun Wojo dulu," kata Eko.

Eko menjelaskan, renovasi yang dilkukan mencakup penambahan rel kereta. Penambahan rel kereta ini yang semula ada dua rel, akan ditambah satu rel tambahan.

Selain itu, ruang tunggu, ticketing hingga area jalan menuju ticketing juga dibangun. Bahkan, sistem layanan pun juga akan ditambah.

Sebab, Stasiun Wojo ini sebelumnya hanya sebagai stasiun operasional kereta api saja. Karena akan digunakan sebagai penunjang NYIA, maka akan dijadikan sebagai stasiun yang juga diperasionalkan untuk naik turunnya penumpang.

"Sekarang (di Stasiun Wojo) ada penjualan tiket. Jadi kereta api berhenti di situ untuk menaik turunkan penumpang, yang tadinya hanya stasiun operasional saja," kata Eko.  

Ia mengatakan, akan ada rel yang menghubungkan antara stasiun dengan NYIA. Sehingga, penumpang tentunya dapat turun langsung di bandara.

Nantinya, jadwal kereta akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan. Bahkan, stasiun ini juga akan disesuaikan dengan kelas penghubung bandara internasional.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA