Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Pascabanjir Sentani, 99 Persen Gardu PLN Telah Beroperasi

Senin 25 Mar 2019 15:31 WIB

Red: Gita Amanda

PLN Pascabanjir Sentani. PLN terus melakukan pemulihan gardu listrik pascabencana banjir bandang di Sentani, Papua.

PLN Pascabanjir Sentani. PLN terus melakukan pemulihan gardu listrik pascabencana banjir bandang di Sentani, Papua.

Foto: PLN
PLN telah berhasil memulihkan gardu hingga 99 persen dan 100 persen penyulangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus memulihkan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu. PLN telah berhasil memulihkan gardu hingga mencapai 99 persen dan 100 persen penyulang pulih.

Sementara itu, sejumlah kondisi gardu masih dalam pekerjaan penyelesaian antara lain enam gardu yang padam karena terendam, perbaikan tiga tower SUTT 70 kV Orya dan sejumlah jaringan yang rusak atau putus di sejumlah titik. Cuaca yang kurang bersahabat seminggu kemarin menjadi kendala proses pemulihan pasokan listrik untuk warga. Cuaca tersebut mengakibatkan banjir susulan dan tanah longsor yang akhirnya berdampak pada sejumlah jaringan terganggu.

"Saat ini tim pemulihan kelistrikan masih terus bekerja dilapangan di lokasi-lokasi bencana banjir kemarin. Namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik dikarenakan akses yang belum bisa ditempuh serta infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup besar", ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka seperti dalam siaran persnya.

Baca Juga

Saat ini PLN fokus menyelesaikan perbaikan jaringan yang rusak atau putus di titik-titik yang sudah dapat diakses sembari menunggu air surut. Selain itu, perbaikan tiga tower SUTT 70 kv di Orya juga terus dikebut. Gangguan dan pekerjaan ini menyebabkan beberapa lokasi di Sentani mengalami pemadaman, antara lain Jalan Sosial, Jalan Kemiri, Kampung Sosiri, Doyo Baru, sebagian BTN Gajahmada, Komplek Bintang Timur, Yabaso Pantai, Kampung Yakonde, Kampung Telafa Maya, Jalan Lintas Utara.

"Tiga tiang konstruksi SUTT kami mengalami kerusakan dimana SUTT tersebut untuk suplai daya dari PLTA Orya, namun kita sudah melakukan pengalihan sementara sehingga konstruksi dapat diperbaiki. Dan hingga saat ini PLN tidak mengalami defisit daya, namun pendistribusian daya yang memang harus ada perbaikan lebih", lanjut Made.

photo
Petugas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memulihkan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.



PLN terus berupaya menormalkan seluruh pasokan listrik masyarakat di lokasi terdampak dengan cepat, tepat dan mengedepankan faktor keamanan. Bila cuaca bersahabat, diharapkan dalam minggu ini pekerjaan dapat selesai dan masyarakat dapat menikmati listrik seperti sedia kala.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA