Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

KPU: Moderator Debat Capres Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi

Senin 25 Mar 2019 18:43 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Foto: Republika/Mimi Kartika
Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi merupakan jurnalis SCTV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan dua jurnalis SCTV, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi, sebagai moderator debat capres pada 30 Maret mendatang. Dua nama moderator ini telah disepakati bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokwoi)-Ma'ruf Amin, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). 

Baca Juga

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, hasil ini diambil dari musyawarah bersama. "Berdasarkan musyawarah antara TKN  dan BPN  yang disaksikan oleh Bawaslu  dan KPU pada Senin (25/3), disepakati bahwa moderator debat keempat nanti adalah Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi," ujar Wahyu kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/3).

Musyawarah tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Abhan, Direktur Program TKN Aria Bima dan Direktur Relawan BPN Ferry Mursyldan Baldan. Selain moderator, keempat pihak telah sepakat bahwa pembawa acara untuk prosesi pengundian pertanyaan debat keempat adalah jurnalis televisi Wanda Dwi Utari dan Rori Ansyari. 

Sementara itu, dua jurnalis televisi lainnya, yakni Aviliani Malik dan Reza Ramadhansyah, terpilih untuk memandu pelaksanaan konferensi pers debat keempat. "Kami juga sepakat host off air dan wall of fame debat keempat adalah Prisca Niken dan Wahyu Wiwoho," tutur Wahyu. 

Terpisah, Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima, mengatakan sepakat Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi menjadi moderator karena aspek profesionalitas dan komptensi keduanya. Selain itu, kata Aria, dua nama tersebut merupakan hasil akhir kesepakatan TKN dan BPN.

"Akan tetapi, ada catatan menurut aturan, ada ketentuan kedua belah pihak harus bisa saling menyepakati sehingga moderator tidak menjadi halangan atau beban dan tidak membuat kandidat capres merasa tidak nyaman," ujar Aria. 

Direktur Relawan BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Ferry Mursyidan Baldan, juga sepakat dengan hal tersebut. Menurut dia, moderator setiap debat selalu dievaluasi oleh TKN dan BPN serta pihaknya selalu mencari yang terbaik untuk menyelenggarakan debat secara profesional. 

"Saya kira mereka (moderator) mampu mengawal debat karena setiap selesai debat, kami selalu ada evaluasi yang kami lakukan," kata Ferry.

Debat keempat atau debat capres akan diselenggarakan di Hotel Shangrila, Jakarta. Debat ini akan mempertemukan kembali Jokowi dan Prabowo sebagai capres.

Tema debat keempat adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat keempat Pilpres ini akan disiarkan secara langsung oleh Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Tiga media ini sekaligus menjadi penyelenggara debat capres. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA