Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

PMI Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Nduga Papua

Senin 25 Mar 2019 19:22 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Kondisi rumah-rumah di Kampung Taruna, Hinekombe, Sentani, Jayapura, Papua. Permukiman ini berada persis di bawah Gunung Cyclop.

Kondisi rumah-rumah di Kampung Taruna, Hinekombe, Sentani, Jayapura, Papua. Permukiman ini berada persis di bawah Gunung Cyclop.

Foto: Republika/Umar Mukhtar
PMI harus berperan aktif dalam berbagai kegiatan pelayanan kemanusiaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Palang Merah Indonesia ( pmi ) mendistribusikan bantuan logistik kepada pengungsi warga Nduga, Papua yang tersebar di beberapa titik lokasi. Di antaranya di pengungsian di Wamena, dan Lanny Jaya, Papua.

"Bantuan ini disalurkan karena PMI sebagai organisasi kemanusiaan dan menjalankan mandat Undang-Undang Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 2019," ujar Kepala Markas PMI Pusat Sunarbowo Sandi dalam keterangan persnya Senin (25/3).

Dia mengatakan, PMI harus berperan aktif dalam berbagai kegiatan pelayanan kemanusiaan dalam segala kondisi. Baik dalam kondisi damai, terjadi bencana maupun membantu pengungsi pada saat ada permasalahan sosial.

Saat ini Sunarbowo mengatakan, PMI pusat sudah berkoordinasi dengan pemerintahan daerah baik Pemerintah Kabupaten Wamena Jayawijaya maupun pemerintahan Lanny Jaya dalam proses assessment dan distribusi bantuan. Selain itu juga sudah berkoordinasi bersama jajaran PMI Provinsi dan Kabupaten yang menjadi lokasi titik pengungsian untuk memaksimalkan dan menyusun rencana PMI dalam hal pelayanan kemanusiaan.

Menurut Sunarbowo, sampai saat ini PMI pusat terus mengupayakan serta akan memberikan segala dukungannya untuk memperkuat kapasitas PMI lokal dalam memaksimalkan pelayanan kemanusiaan PMI. Rencana lainnya yang akan menjadi fokus kegiatan PMI ke depannya yaitu dengan melakukan penguatan kapasitas lokal dengan melatih para relawan PMI setempat dengan berbagai keterampilan dan keahlian untuk mendukung dalam pelayanan kemanusiaan PMI.

Sunarbowo berharap dengan peningkatan kapasitas ini ke depannya para relawan PMI akan terampil dan handal. Mereka nantinya dapat berperan aktif dalam berbagai misi kemanusiaan PMI di daerahnya masing masing.

Ketua PMI Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait dan Ketua PMI Jayawijaya Yohanis Walilo menyambut baik kedatangan rombongan dari tim PMI Pusat dan PMI Provinsi dalam tugas dan upaya melaksanakan kegiatan kemanusiaan di wilayahnya. Kedua, lembaga PMI di daerah Papua ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh rombongan yang sudah berkesempatan datang dan memberikan dukungan dalam rangka memberikan pelayanan kemanusiaan kepada para pengungsi yang saat ini yang tersebar di beberapa lokasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA