Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Kampanye di Pontianak, Jokowi Ungkit Soal Infrastruktur

Rabu 27 Mar 2019 14:03 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Muhammad Hafil

Kampanye terbuka capres 01 Joko Widodo di Pontianak, Rabu (27/3).

Kampanye terbuka capres 01 Joko Widodo di Pontianak, Rabu (27/3).

Foto: Dok. TKN
Jokowi juga menyinggung soal pembangunan Bandara Supadio.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Hari keempat kampanye terbuka calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) dilakukan dengan menyapa masyarakat di Kubu Resort, Pontianak, Kalimantan Barat pada Rabu (27/3). dalam kesempatan itu, Jokowi kembali mengungkit sejumlah pembangunan yang telah dilakukan pemerintah saat ini.

"Alhamdulillah, konsep pembangunan dari pinggir yang diterapkan di Pontianak sudah membuahkan hasil," kata Jokowi saat berkampanye dihadapan para pendukungnya itu.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan yang telah dilakukan pemerintah telah membuat provinsi tersebut mampu mengembangkan potensi tanaman holtikultura hingga usaha kuliner. Dia mengatakan, daerah itu kini telah siap menjadi lumbung padi nasional.

Jokowi menegaskan, pengembangan daerah itu bisa terjadi berkat infrastruktur yang sudah dibangun dalam lima tahun terakhir. Dia lantas meminta masyarakat untuk menjaga fasilitas yang ada dengan terus membina persatuan dan kerukunan mengingat Pontianak menggambarkan kebhinekaan lantaran berbagai suku hidup rukun di sana

"Karena di sini berkumpulnya banyak suku,” kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, di provinsi yang dihuni beragam suku asal Dayak, Melayu, Tionghoa, Jawa, Madura, dan Bugis itu telah dibangun Pos Lintas Batas Nasional (PLBN). Fasilitas negara itu bahkan kini sudah layak bersanding dengan pos lintas milik Serawak, Malaysia.

"PLBN di Entikong, Badau dan Aruk kini memiliki jalan yang lebar dan beraspal mulus," katanya.

Jokowi selanjutnya juga menyinggung pengembangan Bandara Supadio, pembangunan Pelabuhan Kijing, jembatan gandeng di Landak serta jembaran di Sungai Sambas Besar. Dia mengatakan, semua pembangunan itu dilakukan guna mendukung peningkatan potensi yang dimiliki Pontianak.

Jokowi menegaskan, pemerintah akan melakukan kajian untuk membangun tol Pontianak-Singkawang. Dia mengaku telah berkunjung 10 kali ke Pontianak.

Dalam kesempatan itu, dia bertanya kepada masyarakat yang hadir dalam kampanye terbuka itu terkait pembangunan yang sudah dilakukan. Pernyataan Jokowi kemudian direspon dengan jawaban positif dari para pendukung yang hadir.

Mantan wali kota Solo itu kemudian meminta masyarakat untuk memilih pemimpin yang berpengalaman demi memajukan daerah dengan melihat rekam jejak kandidat. Secara pribadi, Jokowi mengatakan jika dirinya telah duduk di kursi pemerintahan dalam berbagai tingkatan.

"Selain itu, saya meminta agar masyarakat Kalimantan Barat untuk ikut memerangi hoaks dan berita buruk,” tegas Jokowi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA