Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Madrasah Bantuan Warga Kota Padang Diresmikan

Kamis 28 Mar 2019 09:54 WIB

Red: Irwan Kelana

Gubernur NTB, Wali Kota Padang dan Bupati Lombok Utara, meresmikan Madrasah Syamsul Huda, Dusun Lekok Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB, Selasa (26/3).

Gubernur NTB, Wali Kota Padang dan Bupati Lombok Utara, meresmikan Madrasah Syamsul Huda, Dusun Lekok Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB, Selasa (26/3).

Foto: Dok Humas Pemkot Padang
Anak-Anak Dusun Lekok, Lombok Utara, kembali belajar dengan nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA – Gempa menyebabkan para siswa  Yayasan Pendidikan Syamsul Huda Dusun Lekok Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara sekitar delapan bulan belajar di bawah tenda pengungsian. Namun, kini mereka bisa belajar dengan nyaman seperti sediakala.

Madrasah mereka yang hancur akibat gempa Agustus 2018 lalu telah selesai dibangun kembali berkat bantuan dan kedermawanan warga Kota Padang, Sumatera Barat. Madrasah Syamsul Huda diresmikan secara bersama oleh Gubernur NTB, Wali Kota Padang dan Bupati Lombok Utara, Selasa (26/3).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan, bantuan dari warga Kota Padang merupakan bentuk kepedulian antarsesama untuk merajut ukhwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam). "Kita juga pernah dilanda bencana dan banyak bantuan yang kita terima,"  ungkap Mahyeldi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/3).

Ia menambahkan,  dipilihnya pembangunan sekolah sebagai peruntukan bantuan karena pendidikan merupakan awal dari semua hal. Walaupun pendidikan bukan segalanya.

"Di samping itu, pada tahun 2035 kita akan menghadapi bonus demografi. Pada saat itu,  70 persen jumpah penduduk Indonesia akan diisi oleh generasi muda," tutur Mahyeldi.

Untuk itu, Mahyeldi menegaskan peran madrasah sangat menentukan dalam menciptakan generasi muda calon pemimpin bangsa. "Menghadirkan generasi muda yang bertalenta dengan wawasan dan keilmuan yang mempuni butuh keseriusan semua dalam dunia pendidikan", tambah Mahyeldi yang didampingi pengurus Baznas Kota Padang dan beberapa pimpinan OPD Pemko Padang.

photo
Wali Kota Padang, Mahyeldi (paling depan), perwakilan Gubernur NTB, bupati Lombok Utara, dan undangan meninjau Madrasah Syamsul Huda, Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, yang baru diresmikan penggunaannya setelah direnovasi.

Gubernur Nusa Tenggara Barat  (NTB)  yang diwakili Staf Ahli Bidang Sosial Kemasyarakatan, Wisma Ningsih mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian warga Kota Padang  terhadap warga NTB yang tertimpa bencana gempa. 

Hal senada juga disampaikan Bupati Lombok Utara yang diwakili Sekretaris Daerah, Suhardi. Ia mengatakan, kepedulian antarsesama merupakan cikal bakal dari persatuan bangsa dan negara. 

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengucapkan terimakasih atas bantuan warga Kota Padang, Pemerintah Kota Padang dan Baznas Kota Padang. Sehingga anak-anak kami bisa lebih nyaman lagi dalam menuntut ilmu", ujar Suhardi.

Ketua Yayasan Pendidikan Syamsul Huda, Hasan mengatakan, Madrasah Syamsul Huda memiliki siswa MI sebanyak 104 orang, MTs 46 orang dan PAUD 52 orang. "Siswa dan wali murid sangat senang sekali dengan bangunan sekolah yang baru ini. Ada enam ruang kelas, satu aula dan  satu mushalla. Sekali lagi, kami warga Lekok mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Padang," imbuhnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA