Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Polda Metro Siapkan Pengamanan Jelang Debat Capres

Kamis 28 Mar 2019 16:31 WIB

Rep: Agata Eta/ Red: Esthi Maharani

Capres No 01 Joko Widodo dan Capres No 02 Prabowo Subianto usai debat kedua calon presiden pemilu 2019, Jakarta, Ahad (17/2).

Capres No 01 Joko Widodo dan Capres No 02 Prabowo Subianto usai debat kedua calon presiden pemilu 2019, Jakarta, Ahad (17/2).

Foto: Republika/Prayogi
Pengamanan debat Capres akan dilakukan berlapis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Polda Metro Jaya mempersiapkan pengamanan khusus jelang debat calon presiden keempat pada Sabtu (30/3), di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pengamanan akan dilakukan berlapis.

Ring satu berada di area dalam gedung dan dijaga oleh Paspampres. Kemudian ring kedua di area bawah tanah hotel dengan penjagaan dari TNI dan Polri. Ring ketiga berada di sekitar kawasan hotel dan jalan depan hotel yakni di jalan Margono Djojohadikusumo. Terakhir di Ring 4 meliputi wilayah menuju ke lokasi seperti di Simpang Dukuh Atas.

Polda Metro Jaya menerjunkan sekitar lima ribu personel yang terdiri atas gabungan TNI, Polri, Pemda hingga Dinas Kebakaran yang tergabung dalam satuan pengamanan khusus. "Kita sudah koordinasikan dengan KPU, TNI dan Kodam terkait pengamanan ini," jelas Argo.

Selain pengamanan pada hari H, Polda Metro Jaya bersama TNI melakukan patroli di seluruh polres di Jakarta sebelum terlaksananya debat capres. Selain itu, Polda Metro Jaya melalui Direktorat Lalu Lintas juga akan melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang.
"Rekayasa lalu lintas sifatnya nanti situasional dari Dirlantas," kata Argo, Kamis (28/3).

Argo juga menambahkan bahwa pengamanan pada debat Sabtu nanti tidak akan jauh berbeda dengan pengamanan pada debat sebelumnya. "Pengamanan hampir sama dan tujuan dari pengamanan itu kan agar debat dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib," kata Argo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA