Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Pengungsi Banjir Sentani Minta Sejumlah Hal ke Pemerintah

Ahad 31 Mar 2019 22:50 WIB

Red: Muhammad Hafil

Warga berada diantara sampah yang terbawa akibat meluapnya danau Sentani di Waena Jayapura, Papua, Jumat, (29/3/2019).

Warga berada diantara sampah yang terbawa akibat meluapnya danau Sentani di Waena Jayapura, Papua, Jumat, (29/3/2019).

Foto: Antara/Gusti Tanati
Yohana Yambise akan melanjutkan permintaan pengungsi ke instansi terkait.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA --  Pengungsi banjir bandang Sentani yang mengungsi di Gedung Olahraga Toware meminta bantuan kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. Yaitu, agar pemerintah membangun rumah layak untuk mereka tinggali.

Baca Juga

"Musibah terjadi, masyarakat Papua menjadi korban. Nanti akan kami bawa ke mana anak-anak kami?" kata Barnabas Salyabu saat berdialog dengan Yohana di Gedung Olahraga Toware, Doyo Lama, Kabupaten Jayapura, Ahad (31/3).

Barnabas mengatakan banjir telah menghanyutkan rumah warga. Dia mengaku belum tahu akan tinggal di mana bersama anak-anaknya setelah rumahnya hanyut.

Hal yang sama juga disampaikan Ester Mabel yang mewakili kaum perempuan. Kepada Yohana, Ester mengatakan banjir telah membuat warga kehilangan sanak saudara dan rumah.

"Kami mengalami trauma. Kami meminta rumah layak huni segera dibangun,"ujarnya.

Sementara itu, Yende Tabuni yang mewakili suara anak-anak pengungsi meminta Yohana melindungi hak-hak anak-anak terutama di bidang pendidikan. "Anak-anak masih kecil, tidak berdaya saat banjir terjadi," kata Yende yang aktif mendampingi pemenuhan hak-hak anak Papua itu.

Menanggapi permintaan pengungsi, Yohana mengatakan fokus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah pelindungan perempuan dan anak dari kekerasan dan pemberdayaan perempuan. "Saya akan lanjutkan permintaan pengungsi kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Saya juga akan berkoordinasi dengan bupati dan gubernur," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA