Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Kiai Maruf Ziarah ke Makam Para Raja Sumenep

Senin 01 Apr 2019 16:29 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ratna Puspita

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin bersama istrinya, Nyai Wury Estu Handayani berziarah ke kompleks Pemakaman Raja-Raja Asta Tinggi, Kebon Agung, Sumenep, Madura  Jawa Timur,  Senin (1/4).

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin bersama istrinya, Nyai Wury Estu Handayani berziarah ke kompleks Pemakaman Raja-Raja Asta Tinggi, Kebon Agung, Sumenep, Madura Jawa Timur, Senin (1/4).

Foto: Republika/Muhyiddin
'Kami mau kampanye, tetapi sebelumnya ziarah dulu ke makam kerjaan Sumenep.'

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP -- Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, berziarah ke kompleks Pemakaman Raja-Raja Asta Tinggi, Kebon Agung, Sumenep, Madura  Jawa Timur,  Senin (1/4). Kiai Ma'ruf ziarah ke makam para raja Sumenep tersebut untuk mencari berkah. 

Kiai Ma'ruf berziarah ke makam keramat ini sekitar pukul 14.30 WIB. Mantan Rais Aam PBNU ini tampak didampingi istrinya, Nyai Wury Estu Handayani, bersama para pengawalnya. Kiai Ma'ruf bersama para kiai Madura tampak berdoa di dekat makam para raja tersebut kurang lebih 15 menit. 

"Kami mau kampanye, tetapi sebelumnya ziarah dulu ke makam kerjaan Sumenep. Ini kan pendahulu-pendahulu kita jadi saya ambil berkahnya," ujar Kiai Ma'ruf saat ditemui usai berziarah ke Makam Para Raja di Asta Tinggi, Sumenep, Senin (1/4).

Baca Juga

Dalam setiap agenda politiknya ke berbagai daerah, Kiai Ma'ruf memang selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam-makam para pejuang, para raja ataupun para ulama yang menyebarkan Islam. Menurut Kiai Ma'ruf, hal itu dilakukan semata-mata untuk berdoa dan mencari berkah. 

"Ya kan di daerah-daerah itu kan ada tokoh-tokoh yang membangun daerahnya, baik itu berupa kerjaaan ataupun penyebaran agama Islam. Nah, kan saya mengambil berkah daripada orang-orang dulu itu," ucap Kiai Ma'ruf. 

photo
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin bersama istrinya, Nyai Wury Estu Handayani berziarah ke kompleks Pemakaman Raja-Raja Asta Tinggi, Kebon Agung, Sumenep, Madura Jawa Timur, Senin (1/4).
Dia mengatakan, pada masa dulu para raja tersebut mampu membangun kerajaan-kerajaan di Indonesia. Menurut Kiai Ma'ruf, pembangunan kerajaan waktu itu merupakan prestasi yang luar biasa. 

"Itu suatu prestasi yang luar biasa. Nah itu yang saya ingin ambil apa yang menjadi pendorong semangat mereka yang begitu tinggi," kata Mustasyar PBNU ini. 

Saat berziarah ke makam para raja Sumenep itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengaku dalam keadaan sehat. Karena itu, dia pun menepis adanya kabar hoaks yang mengatakan bahwa hari ini dirinya sedang jatuh sakit.

"Hoaks itu. Kok hoaks yang mirip-mirip,  orang saya ke Sumenep, saya katanya masuk rumah sakit,  kan jadi aneh gitu,  hoaksnya itu aneh banget.  Orang ada di Sumenep," jelas Kiai Ma'ruf.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA