Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Kemenhub Rencanakan Bangun Jalur KA Bandung dari Sukabumi

Jumat 05 Apr 2019 15:25 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Jalur Kereta. Ilustrasi

Jalur Kereta. Ilustrasi

Foto: skynews
Konektivitas antarwilayah diharapkan mendorong jumlah wisatawan ke Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun jalur kereta api (KA) ke bandung dari Sukabumi. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong masyarakat Sukabumi untuk membangun daerah-daerah yang dapat menjadi destinasi wisata di Sukabumi.

Baca Juga

Budi menilai jika hal tersebut dilakukan maka akan menambah peluang kesempatan kerja bagi masyarakat Sukabumi. "Kalau dulu orang Jakarta ke Bandung saja, nanti kalau sudah siap pasti bisa ke Sukabumi. Bangunlah vila tempat-tempat menarik sehingga begitu infrastruktur jadi ini bisa jadi destinasi wisata," kata Budi, Kamis (4/4). 

Selain itu, Budi memastikan Kemenhub juga akan mengembangkan Pelabuhan Cisolok dan  Bandara Sukabumi. Terkait bandara tersebut, Budi mengatakan saat ini masih menunggu usulan penetapan lokasi pengadaan tanah Bandara dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Budi menjelaskan bandara masih menjadi otoritas pemeritah daerah provinsi. "Penetapan lokasi pengadaan tanah bandara baru dikeluarkan, akan kita keluarkan rekomendasi setelah itu baru pembebasan tanah," jelas Budi. 

Untuk itu, Budi meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi agar saat pembebasan tanah, harga tanah ganti rugi masih terjangkau. Dia menjanjikan pemerintah pusat juga akan membantu pemerintah daerah dalam hal pembebasan tanah. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA