Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

700 Pendekar Deklarasikan Pemilu Damai di Palembang

Senin 08 Apr 2019 18:00 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko

Deklarasi pemilu damai di Palembang.

Deklarasi pemilu damai di Palembang.

Foto: Istimewa
Jawara Indonesia (Jawi) Sumatera Selatan menggelar acara deklarasi Pemilu Damai

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sebanyak 700 pendekar dari beberapa perguruan dan padepokan termasuk bela diri Pagar Nusa, yang tergabung dalam Jawara Indonesia (Jawi)  Sumatera Selatan menggelar acara deklarasi Pemilu Damai bertempat di Monumen Perjuangan Rakyat Palembang dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2, Ahad (7/4).

Koordinator Jawi Sumatera Selatan, Emi Sumitra mengatakan, deklarasi Pemilu Damai itu dilakukan sebagai bagian dari upaya mengawal pemilu agar terlaksana dengan aman, damai dan sukses.

Menurut dia, Pemilu merupakan puncak dari kehidupan berdemokrasi, sehingga pihaknya merasa memiliki tanggung jawab untuk mengawal terlaksananya pemilu yang jujur dan adil.

"Terlebih ada upaya dan pernyataan politik yang diduga mengarah pada usaha menggagalkan pemilu. Dan membuat masyarakat tidak percaya pada pemilu," ujar Emi saat dihubungi wartawan, Senin (8/4).

Selain menggelar deklarasi Pemilu Damai, Jawi Sumatera Selatan juga sekaligus menyatakan sikap untuk mendukung pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

Emi menyatakan, sebagai bentuk dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Jawi Sumsel selanjutnya akan melakukan sosialisasi baik kepada pendekar di padepokan mereka masing-masing.

"Selebihnya, Jawi akan melakukan sosialisasi di masyarakat umum untuk memilih pemimpin yang damai dan mengayomi masyarakat serta menjaga keutuhan NKRI, dan pilihan itu ada pada pasangan nomor urut 01," ucapnya.

Tidak hanya door to door, Jawi Sumatera Selatan juga akan memanfaatkan media sosial untuk memenangkan Jokowi-Ma`ruf Amin. "Kita akan berupaya untuk mencapai target yang ditetapkan, dan pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin menang di Sumsel," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Jawi Muchamad Nabil Haroen atau yang akrab disapa Gus Nabil mengungkapkan alasan Jawara Indonesia mendukung Jokowi-Maruf Amin.

"Kenapa Jawara Indonesia mendukung penuh Jokowi karena Kami menaruh harapan besar kepada mereka berdua terpilih akan memberikan perhatian terhadap dunia silat," kata Gus Nabil.

Dia pun yakin dan optimis, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan mengembangkan dunia Silat Indonesia. "Saya yakin,  karena Jokowi suka dengan hal-hal genuine produk Indonesia, sehingga akan  berkomitmen memajukan dunia silat Indonesia mendukung," tutup Caleg DPR RI dapil V Jateng tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA