Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Kemenpan-RB Persilakan Honorer Daftar Jadi ASN

Rabu 03 Apr 2019 16:01 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda

Tes CPNS (ilustrasi)

Tes CPNS (ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kemenpan-RB memberi kesempatan melalui rekrutmen PPPK dan tes CPNS untuk jadi ASN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tenaga kesehatan honorer khususnya perawat masih banyak yang belum mendapatkan kesejahteraan terutama di daerah-daerah. Terkait hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengatakan pemerintah memberikan kesempatan bagi mereka dengan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan juga melalui tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai Undang-undang ASN terdiri dari PNS dan PPPK. Rekrutmen honorer menjadi PPPK merupakan solusi untuk menjadi ASN," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kemenpan-RB Mudzakir pada Republika.co.id, Senin (1/4).

Ia mengatakan, siapapun tenaga kesehatan honorer bisa mendaftarkan diri sesuai syarat yang berlaku. Honorer bisa mendaftarkan diri menjadi ASN melalui seleksi PPPK atau CPNS asalkan masih memenuhi syarat dari kedua golongan ASN tersebut.

Apabila ada honorer yang masih belum lulus seleksi CPNS ataupun PPPK, mereka masih bisa mendaftar kembali pada rekrutmen selanjutnya. "Selama masih memenuhi syarat bisa ikut lagi," kata Mudzakir menegaskan.

Saat ini, Kemenpan-RB juga telah meminta seluruh daerah untuk menghentikan rekrutmen honorer. Kemenpan-RB tidak memperbolehkan perekrutan honorer lagi dan diharapkan para honorer bisa menjadi ASN. Namun, untuk menjadi ASN honorer harus tetap menjalani tes yang diadakan.

Di banyak daerah di Indonesia, masih banyak para perawat dan tenaga kesehatan yang belum sejahtera. Banyak di antara mereka yang masih dibayar di bawah UMR. Bahkan, tidak sedikit upahnya habis hanya untuk biaya sehari-hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA