Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Mufidah Kalla Resmikan Gedung Oleh-Oleh Tanah Datar

Senin 08 Apr 2019 19:59 WIB

Red: Esthi Maharani

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla

Foto: Antara/Akbar Tado
Gedung promosi dan pusat oleh-oleh dapat mendorong perkembangan produk UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR- Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla pada Senin (8/4) meresmikan Gedung Promosi dan Oleh-Oleh Kabupaten Tanah Datar di Kota Batusangkar.  Istri wakil presiden RI Jusuf Kalla itu meresmikan dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan papan nama gedung baru tersebut.

Ketua Dekranasda Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi kehadiran gedung promosi dan pusat oleh-oleh Tanah Datar ini dapat mendorong perkembangan beragam produk UMKM di Kabupaten Tanah Datar khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya.

"Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat untuk mempromosikan hasil karya masyarakat Tanah Datar dan Sumbar di gedung ini," kata Emi saat memberikan kata sambutan.

Selain untuk mempromosikan dan memasarkan kerajinan rakyat seperti tenun songket, dan aneka fashion tradisional lainnya kata Emi juga mengadakan pelatihan bagi pengerajin-pengerajin lokal terutama yang berusia muda. Supaya aneka kerajinan tangan khas masyarakat Tanah Datar kata dia dapat terus dilestarikan.

"Di sini akan ada skema integrasi industri daro hulu ke hilir. Ada bahan baku, proses produksi sampai promosi," ujar Emi.

Emi mendampingi Mufidah untuk menandatanganan prasasti peresmian Gedung Promosi dan Oleh-Oleh Tanah Datar ini. Selain istri wapres, peresmian juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Selain peresmian dengan penandatanganan prasasti, ada juga perjanjian kerja sama antara dinas koperasi, perindustrian dan perdagangan dan parisiwata, pemuda dan olahraga Tanah Datar agar sama-sama memanfaatkan kehadiran Gedung Promosi dan Oleh-Oleh Tanah Datar ini.

"Kami harap semua wisatawan lokal sampai mancanegara mampir ke sini untuk membeli kerajinan rakyat Tanah Datar," kata Emi menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA