Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Mufidah Kalla Minta Manado Jadi Sentra Produk Kerajinan

Jumat 12 Apr 2019 13:01 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Dialog Dekranas dan Dekranasda Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (11/4).

Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Dialog Dekranas dan Dekranasda Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (11/4).

Foto: Dok.setwapres
Manado salah satu tujuan wisata favorit baik mancanegara maupun domestik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla berharap Kota Manado menjadi sentra produk kerajinan. Mufidah menilai, Kota Manado sebagai pintu gerbang Indonesia Timur, kota yang dijuluki 'Nyiur Melambai' itu sudah diakui menjadi salah satu tujuan wisata favorit baik mancanegara maupun domestik.

"Kota Nyiur Melambai ini, diharapkan dapat menjadi sentra produk kerajinan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya," ujar Mufidah selaku Ketua Dekranas pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Dialog Dekranas dan Dekranasda Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (11/4).

Dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Jumat (12/4), acara yang digelar di Graha Gubernuran Manado ini berlangsung meriah diikuti ratusan peserta dialog yang terdiri dari pengurus Dekranasda, perajin dan para pelaku industri kerajinan Sulut.

Mufidah dalam sambutannya juga mengatakan upaya untuk meningkat produktifitas dan kualitas harus dilakukan dengan langkah yang nyata. Menurutnya, kunjungan Dekranas ke Manado agar para perajin dapat langsung berdialog dan menyampaikan hambatan atau kendala yang ditemui dalam berproduksi.

"Saya berharap Dekranasda Sulawesi Utara terus berperan aktif dalam membina dan mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasar sekaligus untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi untuk dicarikan upaya penanganannya," kata Ibu Mufidah.

Dalam kesempatan itu, para perajin juga menyampaikan berbagai masalah yang mereka temui, dan mendapatkan respon dan jalan keluar dari Ibu Mufidah dan para pengurus Dekranas. Selain itu, Mufidah juga meninjau stand stand Pameran Mini yang menampilkan hasil produk kriya dari berbagai kabupaten di Sulawesi Utara.

Sementara Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang juga hadir di acara, mengapresasi kehadiran Ibu Mufidah yang berkenan menemui para perajin secara langsung. Menurutnya, hal ini tentunya akan menjadi motivasi para perajin untuk terus berkembang.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dekranasda Sulut, Ibu Rita Dondokambey. Menurutnya, kedatangan Ibu Mufidah dan rombongan akan membangkitkan semangat para perajin.

"Para perajin membutuhkan motivasi dan bimbingan agar semua potensi kerajinan Sulawesi Utara dapat lebih ditingkatkan, kedatangan Ibu Mufidah dan pengurus Dekranas akan memacu Dekranasda untuk lebih meningkatkan kreasi dan kualitas produk," kata Ibu Rita yang juga istri Gubernur Sulut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA