Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Jokowi: Akurasi Quick Count 99 Persen Sama dengan Real Count

Kamis 18 Apr 2019 18:00 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani

Calon Presiden Joko Widodo bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan para ketua partai koalisi menggelar konfrensi pers di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (17/4).

Calon Presiden Joko Widodo bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan para ketua partai koalisi menggelar konfrensi pers di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (17/4).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Berdasarkan quick count beberapa lembaga survei, Jokowi-Maruf unggul di Pilpres 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, hasil perhitungan cepat (quick count) sementara yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei merupakan hasil perhitungan ilmiah dengan tingkat akurasi yang mencapai 99 persen. Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, kata dia, tingkat akurasi hasil perhitungan cepat hampir sama dengan perhitungan real count.

Baca Juga

"Kita tahu semuanya bahwa yang namanya penghitungan quick count adalah cara penghitungan ilmiah yang dari pengalaman pemilu yang lalu akurasinya 99 persen hampir sama dengan perhitungan real count," ujar Jokowi, usai bertemu dengan para ketum parpol koalisi di Plataran Menteng, Kamis (18/4) sore.

Namun demikian, Jokowi meminta agar masyarakat bersabar menunggu perhitungan resmi dari KPU. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, hasil perhitungan perolehan suara dapat segera diselesaikan oleh KPU.

"Tetapi quick count dari yang ada telah memberikan angka yang jelas," kata dia.

Dari hasil perhitungan cepat sementara oleh berbagai lembaga survei, lanjutnya, paslon nomor urut 01 berhasil mengungguli paslon nomor urut 02. Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 54,5 persen suara dan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 45,5 persen suara.

"Kalau kemarin saya belum menyampaikan angkanya karena masih di bawah 70 persen, tapi hari ini karena sudah hampir mencapai 100 persen kami sampaikan hasil quick count 12 lembaga survei," ujar Jokowi.

Sejumlah ketua umum parpol yang hadir di antaranya yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, serta Ketum PKPI Diaz Hendropriyono. Selain itu tampak pula Ketua TKN Erick Thohir dan anggota Dewan Pengarah TKN Pramono Anung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA