Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Relawan Jokowi Kawal Penghitungan Suara di Jawa Barat

Sabtu 20 Apr 2019 08:30 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolanda

Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Perolehan suara di Jawa Barat berpengaruh signifikan terhadap Jokowi-Maruf.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Relawan Jokowi yang tergabung dalam Tim Alpha mengawal penghitungan suara Pilpres di Jawa Barat. Suara di Jawa Barat menjadi salah satu yang menentukan potensi kemenangan calon presiden.

Ketua Nasional Tim Alpha, Rieke Diah Pitaloka, mengatakan pertarungan Pilpres di Jawa Barat menjadi penentuan penambahan suara Paslon 01 secara Nasional. Di luar perhitungan banyak pihak, kolaborasi Tim Alpha dan KAMMu Jokowi di Jawa Barat memberikan andil terhadap penambahan suara Pasangan Calon 01, Jokowi-Ma’aruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019 dibandingkan perolehan suara Jokowi-Kalla pada 2014, termasuk di Jawa Barat.

Baca Juga

"Kerja seluruh elemen pendukung Jokowi jadi penentuan. Waspada upaya pihak-pihak yang ingin menurunkan perolehan real pemilih Paslon 01 di Jabar. Perolehan suara Jabar berpengaruh signifikan pada perolehan suara Paslon 01 nasional karena DPT Jabar terbesar seluruh Indonesia," kata Rieke dalam siaran persnya, Jumat (19/4).

Ia meyakini Jokowi-Ma'ruf bisa mendapatkan suara maksimal di Jawa Barat. Ia menuturkan pada H-7 memprediksi Paslon 01 minimal mencapai perolehan 50,7 persen di Jawa Barat. Namun, tentu saja ada beberapa faktor yang terjadi sehingga mengakibatkan pergeseran kembali suara. 

"Tetapi, kami tidak gentar meskipun ada upaya keras untuk menurunkan elektabilitas Jokowi di Jabar dari perolehan suara 2014. Justru  hingga hasil penghitungan akhir KPU nanti," ujarnya.

Meskipun hasil hitung cepat menyatakan Paslon 01 menang, Rieke mendukung pernyataan Jokowi, yakni tetap menunggu hasil akhir yang disampaikan oleh KPU. Ia pun mrminta kepada relawan  untuk terus memperjuangan memenangkan Paslon 01. 

"Jaga dan kawal penghitungan suara hingga selesai. Kita berjuang bersama KPU agar tidak ada oknum-oknum yang mengotak-atik suara Jokowi-Amin. Jangan lengah, suara Paslon 01 termasuk di Jabar adalah suara NKRI Tetap Pancasila yang harus dikawal ketat," tuturnya.

KAMMu Jokowi juga berupaya keras melakukan terobosan di Jawa Barat. Relawan memperkuat jaringan pendukung dari berbagai lini. Ketua KAMMu Jokowi Ibad Abadi mengatakan Tim Alpha bersama KAMMu Jokowi melakukan  upaya penggalangan terhadap suara milenial, khususnya dari kelompok Muhammadyah. Sehingga diyakini memberikan kontribusi pada suara Jokowi di Jawa Barat. 

“Kami melakukan berbagai kegiatan secara terbuka maupun senyap,  seperti kopi darat milenial, menangkal berita hoax, gerak jalan Pancasila, hingga upaya penjemputan langsung pemilih Paslon 01 ke TPS,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA