Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

PDIP, Gerindra, PKS Unggul Sementara di Pileg DKI Jakarta

Senin 22 Apr 2019 19:31 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Indira Rezkisari

Relawan memasukkan data dan memindai form C1 hitung cepat berbasis aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019 KPU se-Provinsi DKI Jakarta, Sabtu, (20/4).

Relawan memasukkan data dan memindai form C1 hitung cepat berbasis aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019 KPU se-Provinsi DKI Jakarta, Sabtu, (20/4).

Foto: Republika/Prayogi
Hitungan suara KPU yang masuk untuk pileg DKI baru 20 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih dalam proses penghitungan suara pemilihan anggota legislatif (pileg) DPRD Provinsi DKI Jakarta 2019. Hingga sore ini, Senin (22/4), PDIP masih unggul dalam penghitungan suara.

Dalam penghitungan, urutan pertama dipegang oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan hasil 18,96 persen, disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 18,09 persen dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 15,14 persen.

Data ini didapatkan dari situs resmi KPU, yaitu situs pemilu2019.kpu.go.id. Suara real count yang masuk baru mencapai 20 persen atau baru memuat 1.140 dari 29.063 total tempat pemungutan suara (TPS) di DKI Jakarta.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon mengatakan belum bisa menyimpulkan hasil pileg DKI Jakarta. Sebab, yang terpapar di website resmi KPU merupakan gambaran sementara.

“Belum bisa mengambil kesimpulan, baru di input juga 20 persen, sedangkan total TPS sekitar 29 ribu. Belum bisa komentar kesimpulannya. Masih proses,” ucapnya.

Menurut dia, hasil penghitungan suara sudah transparan karena melalui website. Masyarakat bisa memberi saran dan kritik jika menemukan kesalahan.

“Sebenarnya dibuka website ini untuk atensi masyarakat kalau ada salah input atau sebagainya karena kami di sini kerja 24 jam, jadi butuh masukan dari masyarakat. Jika terjadi kesalahan, akan diperbaiki,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, hasil yang didapatkan baru sementara. Hasil akhirnya belum keluar sehingga dia tidak dapat memastikan untuk ke depannya.

“Masih belum tahu, ya, untuk hasil akhir berapa. Itu kan berdasarkan quick count dan hasil sementara dari KPU. Ya, semoga mengawal suara dengan baik,” ucapnya. Hasto mengaku optimistis memenangkan pileg 2019 DKI Jakarta.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI 2019 dari Partai Gerindra sekaligus Juru Bicara BPN, Andre Rosiade, mengaku belum sempat mengecek hasil pileg DPRD DKI Jakarta 2019.

“Terus terang saya belum tahu, belum cek juga, tapi harapannya sih angkanya terus meningkat. Kami selalu kawal terus sampai akhir agar tidak terjadi kecurangan,” ucapnya.

Menurut dia, Pemilu 2019 ini terburuk era pascareformasi. Sebab, terjadi dugaan kecurangan yang luar biasa, seperti kotak suara terbakar dan penambahan hasil input data.

“Banyaklah kecurangan itu dari Facebook, Instagram, dan sebagainya. Harus ada  pemilihan ulang kalau terus dilakukan kecurangan. Tapi, balik lagi, kami tetap optimistis menanti kemenangan serta kerja untuk rakyat,” ujarnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA