Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Caleg Gagal Jalani Terapi di Padepokan Antigalau

Senin 22 Apr 2019 20:21 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Para pekerja Pertamina Offshore melakukan pencoblosan di TPS lepas pantai (ilustrasi)

Para pekerja Pertamina Offshore melakukan pencoblosan di TPS lepas pantai (ilustrasi)

Foto: Republika/Amri Amrullah
Sebagian besar dari mereka mengalami depresi karena gagal menjadi wakil rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sejumlah caleg yang kalah dalam Pemilu 2019 menjalani terapi di Padepokan Antigalau Yayasan Al Busthomi yang ada di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Sebagian besar dari mereka mengalami depresi karena gagal menjadi wakil rakyat.
 
"Sekarang sudah ada lima caleg yang ke sini. Biasanya saat hasil rekapitulasi suara di KPU selesai, (caleg gagal yang datang, Red) bisa lebih banyak," ujar Pimpinan Yayasan Al-Busthomi Cirebon, HM Ujang Bustomi, Senin (22/4).
 
Ujang menjelaskan, tingkat depresi caleg gagal yang datang ke padepokannya beragam. Tak sedikit caleg gagal tersebut memilih untuk menginap di padepokannya. "Mereka butuh ketenangan, istirahat, jangan banyak pikiran," tukas Ujang.
 
Di padepokan tersebut, para caleg gagal mengikuti berbagai tahapan terapi. Mereka akan diberi motivasi dan nasehat spiritual serta penanaman ilmu tauhid.

Baca Juga

Setelah itu, pasien akan dimandikan dengan air yang ditaburi bunga dan doa agar hati, pikiran dan tubuhnya lebih tenang. Usai mandi kembang, para caleg gagal akan dirukyah.
 
Ujang pun selalu menekankan kepada setiap pasiennya untuk senantiasa berdoa dan meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Dia pun bersyukur, para pasiennya umumnya berhasil sembuh. "Intinya kami ajak mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa agar hidup normal," tandas Ujang. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA